Dark/Light Mode

AIA Kantongi Laba Bersih Rp 1,6 Triliun Di 2023

Kamis, 30 Mei 2024 18:59 WIB
AIA Financial (AIA) sukses mencetak laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun dalam kinerja tahun 2023. (Foto: Ilustrasi Istimewa)
AIA Financial (AIA) sukses mencetak laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun dalam kinerja tahun 2023. (Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT AIA Financial (AIA) sukses mencetak laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun dalam kinerja tahun 2023.

Hal tersebut, semakin menunjukkan kesehatan keuangan AIA yang kuat sebagai perusahaan asuransi jiwa, dan menempatkannya sebagai salah satu pemimpin industri dengan tingkat modal solvabilitas yang kokoh.

“Ini merupakan wujud dari kedisiplinan manajemen dalam mengelola finansial dan fokus pada keberlanjutan bisnis, seiring dengan komitmen AIA dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik,” jelas Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy dalam keterangan resmi, Kamis (30/5/2024).

Dalam laporan keuangan tahun 2023, AIA memperoleh total laba komprehensif sebesar Rp 918 miliar, total pendapatan premi Rp10 triliun, dan rasio Risk Based Capital (RBC)sebesar 434 persen untuk Bisnis Konvensional, 3146 persen untuk dana Tabarru Syariah dan 12.584 persen untuk dana Operator Syariah.

AIA mencatat rasio solvabilitas di atas regulasi. Rasio solvabilitas merupakan tolok ukur dari kecukupan aset dalam memenuhi komitmen kepada pemegang polis.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari berbagai inisiatif strategis AIA,” jelasnya.

Tak hanya itu, AIA juga berhasil mengelola total Uang Pertanggungan (UP) sejumlah Rp 749 triliun, meningkat sebesar 37 persen selama 5 tahun terakhir.

Baca juga : Penyaluran KUR BRI Tembus Rp59,96 Triliun Hingga Akhir April 2024

Pertumbuhan total Jumlah Uang Pertanggungan menunjukkan kepercayaan darinasabah atas reputasi AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa yang tepercaya di Indonesia.

Satyamoorthy mengatakan, kinerja keuangan AIA pada 2023 ini mencerminkan kesuksesan AIA dalam menjalankan strategi dan prioritas bisnis untuk jangka panjang.

Hal tersebut juga mencerminkan komitmen tertinggi dalam menjagakepercayaan dari banyak pihak, termasuk nasabah dan mitrabisnis.

“Kami konsisten untuk menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan pendapatan operasional yang kuat, didukung oleh jalur distribusi yang profesional, tepercaya dan mahir digital,” ujarnya.

Sebagai perusahaan asuransi jiwa tepercaya di Indonesia, AIA memenuhi komitmennya kepada pemegang polis, dengan mencatatkan total pembayaran klaim sebesar Rp 10 triliun pada 2023.

“Sementara selama lima tahun terakhir ini, AIA telah membayarkan total kumulatif klaim dan manfaatasuransi sebesar Rp 49 triliun,” jelasnya.

Sebagai pemimpin di industri dalam pengembangan produk, AIA terus menciptakan inovasi produk berdasarkan aspirasi dan kebutuhan nasabah di berbagai segmen, termasuk High Net Worth yang merupakan salah satu segmen utama dalam bisnis dan telah menjadi keahlian perusahaan.

Baca juga : Jojo Dan Ginting Siap Turun Di Singapore Open 2024

Pada  2023, AIA  meluncurkan program loyalitas pertamanya untuk segmen High Net Worth, yaitu AIA Altitude, program yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan fasilitas untukkebutuhan kesehatan dan gaya hidup individu High Net Worth.

Selain itu, AIA juga terus mempertahankan komitmennya terhadap layanan berkualitas tinggi kepada nasabah melalui Premier Agency yang menghadirkan tim distribusi keagenan yang profesional, terpercaya, dan mahir digital serta jaringan mitra distribusi strategis melalui bancassurance, untuk melayani kebutuhan proteksi jutaan keluarga di Indonesia.

AIA juga memiliki peran penting di industri untuk terus meningkatkan penetrasi asuransi , meningkatkan layanan kepada nasabah, untuk memberikan proteksi jangka panjang dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam layanan berasuransi.

AIA juga mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi melalui AIA Vitality, program Health and Wellness yang memiliki pendekatan Share value.

Dengan AIA Vitality, AIA memotivasi nasabah untuk adopsi gaya hidup yang lebih sehat dengan cara yang menyenangkan dan reward yang menarik.

Pendekatan proaktif yang diusung AIA Vitality ini tidak hanya meningkatkan tingkat kesehatan nasabah tetapi juga memberikan pengalaman yang unik dalam berasuransi.

Sebagai perusahaan yang juga berfokus memberikan dampak sosial kepada masyarakat Indonesia, AIA juga menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan (ESG) melalui praktik operasional dan berbagai inisiatif bisnis.

Baca juga : Lampaui Tahun Lalu, Inabuyer B2B2G Expo 2024 Raup Transaksi Rp 1,5 Triliun

Salah satunya adalah program One Policy One Tree (Satu Pohon, Satu Polis), dimana AIA  kolaborasi dengan Coldplay Music of the Spheres di Indonesia dan One Tree Planted untuk menanam pohon untuk setiap polis nasabah.

Melalui program ini, AIA memiliki tujuan untuk dapat berkontribusi pada mitigasi dampak perubahan iklim di Indonesia dan menciptakan kualitas lingkungan hidup yang lebih sehat.

AIA juga terus memberikan manfaat untuk masyarakat melalui program AIA Healthiest School (AHS) yang bertujuan untuk mendidik siswa tentang pentingnya hidup sehat melalui modul pembelajaran yang berfokus pada pengembangan empat pilar utama. Yaitu, makan sehat, gaya hidup aktif, kesejahteraan mental, serta kesehatan dan keberlanjutan.

Diungkapkan Satya Moorthy, kinerja positif AIA juga mendapat pengakuan di industri. Pada tahun 2023, AIA menerima berbagai penghargaan yang terkemuka.

Seperti, Customer Service Initiative of the year Tanya Anya-Arial Insurance Asia Award 2023, AIA Vitality-Fortune Indonesia Change The World 2023, Education Insurance of The Year Indonesia: AIA Pedia-Insurance Asia Award 2023 and Insurance Market Leader Award 2023 for Life Insurance-Media Asuransi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.