Dark/Light Mode

Lolos Uji Penghematan Konsumsi Energi, Mowilex Sabet Peringkat Gold Green Label

Rabu, 5 Juni 2024 06:25 WIB
Mowilex meraih sertifikasi Green Label Indonesia (GLI) dengan peringkat tertinggi yaitu GOLD dari organisasi nirlaba Green Product Council Indonesia (GPCI). (Foto: Ilustrasi Mowilex)
Mowilex meraih sertifikasi Green Label Indonesia (GLI) dengan peringkat tertinggi yaitu GOLD dari organisasi nirlaba Green Product Council Indonesia (GPCI). (Foto: Ilustrasi Mowilex)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya dan langkah positif PT Mowilex Indonesia (Mowilex) untuk terus menjadi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan kembali dibuktikan dengan meraih sertifikasi Green Label Indonesia (GLI) dengan peringkat tertinggi yaitu GOLD dari organisasi nirlaba Green Product Council Indonesia (GPCI).

"Kita tidak hanya menjadi konsumen cerdas, tetapi juga ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan. Karena itu pun, pilihan produk ramah lingkungan dalam produk cat bukan sekadar tentang membuat rumah menjadi indah, tapi juga menjaga keberlangsungan lingkungan yang kita tinggali," ungkap Chairman GPCI Yudiono dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Menurut Yudiono , saat ini tercatat, produk Mowilex merupakan produk terbanyak di kategori cat yang disertifikasi Green Label Indonesia.

Baca juga : Sidang Korupsi LNG, JK Jadi Saksi Meringankan Bagi Karen Agustiawan Besok

Capaian ini didapat Mowilex setelah berhasil dalam sejumlah aspek penilaian yang menjadi pertimbangan GPCI dalam memberikan sertifikasi, di antaranya, aspek kualitas produk yang dinyatakan tidak mengandung bahan metal berbahaya seperti logam berat dan timbal, serta telah melalui tahap pengujian kadar VOC (Volatile Organic Compound) dengan nilai VOC sangat rendah dibawah 50g/L yang merupakan batas ketat yang dikeluarkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat.

Selain itu penilaian juga mencakup penilaian terhadap penghematan konsumsi energi, dimana terjadi penghematan konsumsi listrik perusahaan yang lebih rendah mencapai 25,73 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan penghematan konsumsi air yang mencapai 19.37 persen perproduksi.

Penilaian lainnya menurut Yudiono yang menjadi bahan pertimbangan GPCI adalah aspek sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001, serta pengelolaan limbah dengan menunjuk pihak berijin yang telah sesuai standar PP No.22 Tahun 2022.

Baca juga : Pemerintah Perketat Usulan

Tahun ini merupakan tahun ketiga berturut-turut Mowilex mendapatkan peringkat GOLD, sebanyak 17 produk interior dan eksterior Mowilex Professional seluruhnya lolos sertifikasi GLI.

Seluruh aspek di atas diuji dan diaudit oleh PT IAPMO Indonesia, yang memverifikasi komitmen dan dokumen resmi perusahaan untuk meminimalisasi dampak lingkungan dalam proses produksi.

Adapun proses audit dan pengujian oleh PT IAPMO ini dilakukan untuk memastikan bahwa produk Mowilex memenuhi standar tertinggi untuk bisa mendapat peringkat GOLD sertifikasi GLI.

Baca juga : Produk Pemurni Air Coway Sabet Sertifikat Halal Dari BPJPH

Dengan berhasil melewati proses tersebut, produsen cat dan pelapis premium Mowilex dianggap telah berhasil mengadopsi dan menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab, bahkan juga berdampak positif, pada lingkungan.

CEO Movilex Niko Safavi mengatakan, sertifikasi ini sebagai bukti bahwa Mowilex memiliki produk-produk ramah lingkungan dan berdedikasi tinggi dalam tanggung jawab terhadap lingkungan.

Tentunya sertifikasi ini menurut Niko merupakan sebuah bentuk pengakuan atas produk kami yang diproduksi secara bertanggung jawab sejak beroperasi pada 1970.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.