Dark/Light Mode

Gaet Qasir.id, BSI Siapkan Pembiayaan Ke 24 Ribu UMKM

Senin, 10 Juni 2024 10:45 WIB
BSI bersinergi dengan Qasir.id, platform startup yang fokus bergerak dari sisi pembayaran transaksi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). (Foto: Dok. BSI)
BSI bersinergi dengan Qasir.id, platform startup yang fokus bergerak dari sisi pembayaran transaksi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). (Foto: Dok. BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersinergi dengan Qasir.id, platform startup yang fokus bergerak dari sisi pembayaran transaksi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BSI akan berperan memfasilitasi UMKM dalam hal peningkatan skill dan akses permodalan melalui pembiayaan. Sedangkan Qasir.id, akan mensinergikan UMKM untuk akses ke perbankan syariah.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menegaskan, kerja sama ini nantinya mensinergikan 24 ribu UMKM yang sudah bekerja sama dengan Qasir.id agar dapat dioptimalisasi memperoleh akses permodalan dari BSI.

Baca juga : Sinar Mas Dukung Pembangunan Kebun Raya di IKN

“Fokus utama dari kerja sama ini adalah memberikan dukungan bisnis yang lebih luas kepada pelaku UMKM. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat digitalisasi UMKM dan meningkatkan efisiensi operasional para pelaku UMKM,” terangnya di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Kerja sama tersebut, merupakan langkah BSI yang konsisten mendorong pertumbuhan UMKM salah satunya dari aspek digital.

Sampai dengan posisi Mei 2024, pembiayaan UMKM BSI tumbuh positif mencapai Rp 46,60 triliun, tumbuh 13,41 persen secara year on year (yoy) dan mampu menyerap UMKM lebih dari 321 ribu nasabah.

Baca juga : Batal Bersaksi Hari Ini, Sahroni Dihadirkan Pekan Depan Bareng Putri SYL

Anton mengatakan, kolaborasi ini juga diharapkan dapat menjadi model kerja sama yang sukses antara institusi keuangan syariah dan penyedia teknologi digital, dalam mendukung sektor UMKM.

Chief Executive Officer (CEO) Qasir.id Rachmat Anggara memastikan peran Qasir.id akan semakin optimal jika pihaknya bersinergi dengan stakeholders, salah satunya bank.

“Melalui kerja sama ini, kami sepakat dan komitmen untuk bersama memajukan UMKM melalui manajemen pengelolaan yang baik, transparan dan terukur. Serta secara langsung memberikan peluang akses permodalan syariah,” kata Rahmat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.