Dark/Light Mode

Komut Bambang Puji Starlink Sediakan Layanan Internet Di Daerah Terpencil

Senin, 10 Juni 2024 15:54 WIB
Komisaris Utama Telkom, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (tengah) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) saat berkunjung ke Balla Ratea, salah satu UMKM unggulan mitra binaan Telkom yang bergerak di bidang kuliner khas Makassar, Rabu (5/6) .
Komisaris Utama Telkom, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (tengah) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) saat berkunjung ke Balla Ratea, salah satu UMKM unggulan mitra binaan Telkom yang bergerak di bidang kuliner khas Makassar, Rabu (5/6) .

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisaris Utama (Komut) Telkom, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro merespon masuknya Starlink di Indonesia.

Bambang menilai, bahwa teknologi baru, seperti Starlink dapat membantu mempermudah askes telekomunikasi bagi warga yang tidak berada di perkotaan dan belum memiliki infrastruktur konektivitas, seperti fiber optik. 

"Telkom sudah bekerja sama dengan Starlink di mana perusahaan milik Elon Musk ini menjadi pendukung konektivitas di beberapa pulau, seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Hal ini membantu Telkom dalam menghubungkan daerah-daerah terpencil di Indonesia,” jelas Bambang dalam keterangan pers usai kunjungan kerja ke wilayah Telkom Regional VII di Makassar pada Rabu (5/6). 

Baca juga : Pengamat Puji Kehadiran Dan Atensi Wapres Ke Papua

Telkom sebelumnya melalui anak usahanya, Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia. 

Kerja sama ini memungkinkan Telkomsat untuk menggelar layanan bisnis (business services) berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan penawaran paket bisnis yang ditawarkan melalui website Starlink.

Pada rangkaian kegiatan ini, Komisaris dan Direksi Telkom juga melakukan kunjungan ke Balla Ratea, UMKM unggulan mitra binaan Telkom yang bergerak di bidang kuliner khas Makassar dengan menggunakan bahan baku lokal namun dikemas lebih modern. 

Baca juga : DPR Khawatir Starlink Ancam Operator Seluler dan Internet Indonesia

Pada kunjungan tersebut, Komisaris dan Direksi Telkom melihat bagaimana proses produksi berbagai produk dari Balla Ratea yang dipaparkan langsung oleh pemilik usaha, Hajirah.

Tidak hanya itu, Telkom juga memberikan bantuan CSR yang diserahkan langsung oleh Komisaris dan Direksi Telkom. Bantuan CSR yang diberikan, berupa program Packaging Festival (PackFest) yang merupakan program inisiatif Rumah BUMN Telkom untuk meningkatkan kualitas produk melalui pemberian bantuan branding untuk improvement atau upgrading kemasan produk UMKM. 

Bantuan lainnya berupa program Sertifikasi Halal dan sarana pendukung untuk menunjang kelancaran operasional UKM.

Baca juga : Top! Bandara Hang Nadim Berikan Pelayanan Maksimal Bagi Jemaah Haji

Sebagai informasi, khusus untuk bantuan sertifikasi halal, Telkom telah memberi bantuan secara nasional senilai Rp1,1 miliar. Diyakini, sertifikasi halal menjadi salah satu cara bagi UMKM di Indonesia untuk bersaing secara global karena dapat menjadi keunggulan yang kompetitif di pasar Internasional.

Diharapkan melalui kegiatan Anniversafari ini dapat menjadi momentum bagi Telkom untuk memperkuat sinergi dan semangat berinovasi dalam memberikan solusi digital terbaik, serta menjadi perusahaan telekomunikasi kebanggaan milik bangsa Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.