Dark/Light Mode

Gandeng UNJA Dan APHI, PT WKS Gelar Pelatihan Tangani Karhutla

Rabu, 12 Juni 2024 20:32 WIB
Pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Ist)
Pelatihan penanganan kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Jambi (UNJA) bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Jambi, dan PT Wirakarya Sakti (WKS) menyelenggarakan simulasi dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam manajemen kebakaran hutan dan lahan, mengambil inspirasi dari keberhasilan Provinsi Jambi dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan selama fenomena El Nino tahun 2023.

Seluruh Civitas Akademika Universitas Jambi turut andil kegiatan Edukasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melibatkan 500 mahasiswa dalam aksi Penanganan Karhutla. Helikopter jenis Bell 412 juga turut melakukan Water Boombing dan gelar Alat Perlengkapan Karhutla.

Baca juga : Kemendagri Gandeng OJK Dorong Percepatan Akses Keuangan Daerah

Dengan tema “Learning & Training to Improve Knowledge and Awareness in Forest Fire Management,” berlangsung di Lapangan Sepak Bola Universitas Jambi Kampus Mendalo. Acara ini juga melibatkan berbagai instansi penting seperti Pemerintah Provinsi Jambi, Korem 042/ Garuda Putih, Polda Jambi, BPBD Jambi, Manggala Agni, BMKG Jambi, BRGM dan Basarnas. 

Kolaborasi antar instansi ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, memastikan kesiapsiagaan yang lebih baik dalam menghadapi situasi darurat.

"Kami menyambut baik penyelenggaraan pelatihan ini bersama APHI dan PT WKS. Keberhasilan Jambi dalam menanggulangi kebakaran hutan harus dijadikan contoh bagi daerah lain, dan melalui pelatihan ini, kami berharap dapat membagikan pengetahuan dan praktik terbaik bagi mahasiswa dalam manajemen kebakaran hutan," ungkap Rektor Universitas Jambi Prof. Helmi.

Baca juga : Wapres Jelaskan Enam Percepatan Pembangunan DOB Papua

Pelatihan dan simulasi ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi para peserta tentang karhutla, memperkenalkan teknologi terkini dalam pemadaman kebakaran, serta memperkuat koordinasi antara berbagai lembaga terkait. Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan diharapkan dapat tercipta strategi yang lebih efektif dan responsif dalam penanggulangan kebakaran hutan di masa mendatang.

"Keberhasilan Jambi dalam menanggulangi kebakaran hutan merupakan contoh bagi daerah lain, dan melalui pelatihan ini, kami berharap dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan semua pihak dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan," ujar Ketua Komda APHI Jambi yang juga Kepala Humas PT WKS Taufik.

Acara ini diharapkan dapat menjadi Benchmark dan inspirasi bagi Provinsi lain di Indonesia dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang lebih efektif di masa mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.