Dark/Light Mode

Geber Serapan Gas Bumi Nasional

SKK Migas Gelar Forum Gas 2024

Jumat, 14 Juni 2024 21:21 WIB
Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi (tengah); Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Gas Bumi SKK Migas, Rayendra Sidik (kiri), didampingi Kepala Departemen Komunikasi SKK Migas, Nyimas Fauziah Rikani (kanan), pada acara Jumpa Pers Pre-Event Forum Gas Bumi 2024, Jumat (14/6/2024) di Jakarta.
Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi (tengah); Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Gas Bumi SKK Migas, Rayendra Sidik (kiri), didampingi Kepala Departemen Komunikasi SKK Migas, Nyimas Fauziah Rikani (kanan), pada acara Jumpa Pers Pre-Event Forum Gas Bumi 2024, Jumat (14/6/2024) di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus berupaya meningkatkan penyerapan gas bumi, terutama di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengadakan Forum Gas Bumi 2024 yang bertema “Membangun Sinergi Infrastruktur dan Pasar Gas Bumi Dalam Rangka Optimalisasi Penyerapan Gas Bumi Nasional”.

Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi menyampaikan, gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang berperan signifikan di era transisi energi. Diyakini, kebutuhan gas bumi di Indonesia akan semakin besar ke depannya. Apalagi, sumber daya gas bumi di Indonesia masih berlimpah.

Baca juga : Dongkrak Perekonomian Nasional, SKK Migas Genjot Peningkatan TKDN Di Hulu Migas

“Dari lima temuan cadangan gas terbesar di dunia tahun lalu, dua di antaranya berada di Indonesia. Ini menjadikan Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk gas bumi," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Kurnia juga menjelaskan, saat ini, kebutuhan gas bumi di wilayah Jawa Barat masih belum terpenuhi secara maksimal, akibat menurunnya pasokan gas bumi secara alamiah dari wilayah Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Sementara terdapat ekses pasokan gas bumi di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, karena belum optimalnya serapan.

Baca juga : Kerek Pertumbuhan Ekonomi, BI Jakarta Gelar Jakreatifest 2024 Di Mall Kokas

"Dengan demikian, perlu sinergi antara para produsen gas bumi, pelaku midstream, serta pembeli dan pengguna agar serapan dapat lebih optimal," tambahnya.

Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Gas Bumi SKK Migas, Rayendra Sidik menambahkan, Forum Gas Bumi 2024 difokuskan bagi para pelaku industri pengguna gas bumi di Jawa Barat, yang masih kekurangan pasokan. "Kami akan sampaikan kepada mereka, di wilayah Jawa Timur masih ada pasokan yang belum terserap, sehingga ini dapat dioptimalkan melalui berbagai alternatif cara," ujarnya.

Baca juga : Fesbud 8 Perkenalkan Budaya Lokal Dan Internasional Kepada Generasi Muda

Menurut Rayendra, acara ini juga bertujuan menginformasikan kondisi pasokan jangka pendek serta rencana pasokan jangka menengah-panjang di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Acara ini juga akan memetakan kebutuhan pembeli utama di wilayah tersebut, serta pemetaan pasokan gas dari Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan gas di Jawa Barat setelah selesainya pembangunan pipa Semarang – Cirebon Tahap II.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.