Dark/Light Mode

Dongkrak Perekonomian Nasional, SKK Migas Genjot Peningkatan TKDN Di Hulu Migas

Selasa, 11 Juni 2024 22:31 WIB
Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko (kedua kanan) dan Wakil Ketua Umum IOG SUMMIT 2024, Bayu Kusuma (kedua kanan) di IOG SCM SUMMIT 2024, di Surabaya, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dok. SKK Migas)
Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko (kedua kanan) dan Wakil Ketua Umum IOG SUMMIT 2024, Bayu Kusuma (kedua kanan) di IOG SCM SUMMIT 2024, di Surabaya, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dok. SKK Migas)

RM.id  Rakyat Merdeka - SKK Migas terus mendorong penggunaan produk lokal atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam setiap kegiatan operasi hulu migas yang berdampak positif bagi perekonomian nasional dan memberikan efek berganda pada hulu migas.

Hal ini disampaikan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko di IOG SCM SUMMIT 2024, di Surabaya, Selasa (11/6/2024).

Pada satu sesi Forum Group Discussion (FGD) mmemaparkan bagaimana penggunaaan produk lokal untuk memperkuat kapasitas pelaku usaha, pabrikan, vendor serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai penunjang industri hulu migas.

“SKK Migas berkomitmen untuk tetap mendukung dan melaksanakan komitmen peningkatan TKDN di hulu migas. Untuk tahun 2024 ini perkiraan pencapaian TKDN hulu migas mencapai 57 persen,” ujar Rudi.

Baca juga : Anggota Komisi III DPR Minta Aparat Genjot Pemberantasan Narkoba Di Kalimantan

Ia menilai, peningkatan penggunaan produksi dalam negeri di sektor hulu migas ini memiliki dampak positif yang signifikan bagi perekonomian nasional seperti meningkatkan sektor industri dalam negeri.

"Selain itu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat, serta perekonomian secara keseluruhan," ucap Rudi.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, meningkatnya penggunaan produksi dalam negeri tersebut akan meningkatkan sektor industri, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta perekonomian secara keseluruhan.

“Kita akan terus menggenjot pabrikan dan produk lokal terus bersaing dan memiliki peran, tentu dengan peningkatan kualitas produk hulu migas, “ ucap Rudi.

Baca juga : Wantimpres Dorong Polri Dan TNI Makin Profesional Jalankan Tugas

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IOG SUMMIT 2024, Bayu Kusuma mengatakan IOG SCM SUMMIT 2024 merupakan ajang berbagi pengetahuan dan pembelajaran dari para praktisi, forum diskusi antar stakeholder, dan juga eksibisi dari perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri untuk meningkatkan hubungan yang kuat dengan pemasok dan mitra lainnya.

"Event ini memfasilitasi pertukaran ide dan inovasi antara semua pihak terlibat untuk meningkatkan efisiensi dan ketahanan fungsi SCM secara keseluruhan," ujar Bayu.

Ia menambahkan, pemberdayaan kapasitas nasional juga menjadi salah satu fokus utama atau FGD ( Forum Group Discussion ) dalam kontribusi industri hulu migas.

“Dua hari ini, acara Cukup padat, kita kemas menjadi tiga FGD, yang berkaitan dengan teknologi dan digitalisasi, pengolaan material dan peningkatan kapasitas dalam negeri,” kata Bayu.

Baca juga : Jokowi: Perencanaan Kota Harus Matang, Cegah Pengangguran Dan Gelandangan

Pada gelaran IOG SCM SUMMIT 2024, exhibition atau pameran produk-produk berbagai industri migas telah menjadi support  operational bagi hulu migas.

Pada pameran kali ini, sekitar 24 perusahaan produk lokal dari sisi teknologi, material maupun service. Sejumlah produk lokal yang biasa digunakan di Industri hulu migas dan sudah diproduksi Indonesia. Diantaranya produk dari PT COSL Indonesia, PT Pertamina Patra Niaga dan PT Kairos.

Adapun keseluruhan dari produk yang dipamerkan tersebut tersebut telah digunakan di Industri Hulu Migas maupun KKKS.

Selain itu, ada empat supporting both SKK Migas yang mendukung tatakelola di supply chain management (SCM), yaitu CSMS, TKDN, Fomalitis dan CIVD IOG e-Commerce.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.