Dark/Light Mode

Kerek Pertumbuhan Ekonomi, BI Jakarta Gelar Jakreatifest 2024 Di Mall Kokas

Kamis, 6 Juni 2024 23:21 WIB
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar event Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (Foto: Ist)
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar event Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar event Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Kepala Perwakilan BI DKI, Arlyana Abubakar mengatakan, acara Jakreatifest dibuka oleh Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono.

Arlyana mengaku, ada tiga program yang diusung secara konsisten yaitu pengembangan aksis pembiayaan UMKM, ekosistem digitalisasi dan terakhir pengendalian inflasi (kemerosotan nilai mata uang).

"Kami gelar selama tiga hari dari tanggal 6 sampai 9 Juni 2024. Acara ini juga merupakan rangkaian dari HUT Kota Jakarta ke-497 dan Jakarta Great Sale 2024," jelas Arlyana, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, Jakreatifest 2024 ini memiliki booth edukasi dan pendampingan proses sertifikasi halal kepada UMKM.

Baca juga : Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dimulai Dari Makanan Bergizi

Hal itu, kata Arlayana sebagai tindak lanjut arahan dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin terkait percepatan sertifikasi halal di tahun 2024. 

Selain sertifikat halal, pihaknya bersinergi dengan Dinas Kependudukan dam Catatan Sipil (Dukcapil DKI) bagi warga yang ingin membuat KTP.

“Booth layanan dan informasi identitas kependudukan digital (IKD), sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, booth informasi pariwisata DKI Jakarta (pada area M.I.C.E dan urban tourism) serta transportasi DKI Jakarta, untuk mendukung implementasi Jakarta sebagai kota global," tegasnya.

Arlyana menambahkan, pihaknya memiliki target transaksi keuangan di Jakreatifest selama tiga hari sebesar Rp 9,5 miliar.

Wanita berhijab ungu muda itu menambahkan, pihaknya membantu UMKM untuk memperluas jaringan penjualannya dengan perkenalkan produk ke ritailer.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Selasa 4 Juni, Hadir Di 5 Lokasi

"Kemudian meningkatkan kapasitas keilmuan UMKM, itu adalah yang kami lakukan di event ini," imbuhnya.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi sinergitas Pemprov DKI dengan Bank Indonesia untuk membantu mengendalikan inflasi di Jakarta.

Heru menjelaskan, sinergitas yang erat antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bank Indonesia sangat dibutuhkan untuk memperkuat aspek Jakarta menuju Kota global. 

Hal tersebut dapat ditempuh dengan mengoptimalkan ekonomi yang kuat dan terhubung secara global, kapasitas riset dan inovasi serta aksesibilitas yang baik secara intra dan inter kota.

"Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu sebagai pemangku kepentingan yang sudah semangat memberikan kegiatan ekonomi di Jakarta, termasuk masyarakat bisa berbelanja," tegasnya.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Selasa 28 Mei, Hadir Di 5 Lokasi

Meski begitu, Heru meminta maaf kepada Bank Indonesia DKI karena tidak bisa mengunjungi 94 titik event tersebut.

Namun, ia meminta kepada masyarakat untuk datang ke lokasi event Jakreatifest dan Great Sale di 94 mall Jakarta.

"Tentunya saya apresiasi, mohon maaf saya tidak bisa keliling ke 94 ke mall itu, mungkin hanya 1-2. Kalau Bu Arlyana berkeliling sebelum ke mall, mohon belanja sebanyak-banyaknya," imbuhnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.