Dark/Light Mode

Sebelum Harga Tanah Melonjak Jauh

Jokowi Ajak Pengusaha Lokal Investasi Di IKN

Minggu, 16 Juni 2024 07:10 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah optimis pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), berjalan sesuai rencana. Untuk itu, pengusaha dalam negeri diajak berinvestasi di IKN sebelum harga tanah melonjak jauh.

Presiden Jokowi mengatakan, banyak investor yang akan menanamkan modalnya di Ibu kota ini. Dia juga menyebut, pada tahap awal, proyek IKN memang diprioritaskan untuk investor dalam negeri.

“Ini sangat menarik. Perusahaan-perusahaan yang lain, universitas yang lain nantinya bisa bekerja sama di sini. IKN akan menjadi sebuah showcase riset negara kita dalam pengembangan ekonomi baru, terutama ekonomi hijau di negara kita,” ucap Jokowi usai melakukan peletakan batu pertama Nusantara Sustainable Hub di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu (5/6/2024).

Baca juga : Tokopedia: Strategi Agar Tetap Tumbuh

Sebelumnya, Jokowi juga meminta para pengusaha segera menanamkan modalnya di IKN, mumpung harga tanah di sana belum melonjak signifikan.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, harga tanah di kawasan IKN pasti akan berubah seiring dengan banyaknya permintaan yang masuk. Apalagi, bandara dan jalan tol akan segera rampung dalam waktu dekat.

“Sekarang kita tahu harganya kan antara Rp 400 ribu sampai Rp 800 ribu (per meter). Di Balikpapan saja 1 meter sudah Rp 15 juta, di Jakarta Rp 200 juta, tapi harga itu saya sampaikan sekarang, besok bisa berubah,” ujarnya.

Baca juga : Jangan Buang Limbah Hewan Kurban Ke Kali

Apalagi, kawasan IKN dinilai sebagai tempat investasi terbaik saat ini oleh Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

“Yang mereka sampaikan pada saya, tidak ada tempat yang paling baik, yang paling indah yang healing perbukitan seindah IKN. Ini tempat terbaik,” kata Jokowi.

Dia juga menyebut, dalam waktu dekat akan ada investasi besar ke IKN yang masuk dari Emaar Properties, perusahaan asal Uni Emirat Arab.

Baca juga : The Three Lions Makin Waspada

Jokowi mengaku sudah bertemu bos Emaar Properties di Jakarta. Menurutnya, sang calon investor mengatakan, tak ada tempat yang lebih baik untuk investasi selain di IKN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.