Dark/Light Mode

Sebelum Harga Tanah Melonjak Jauh

Jokowi Ajak Pengusaha Lokal Investasi Di IKN

Minggu, 16 Juni 2024 07:10 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

 Sebelumnya 
“Saya enggak mau ngomong karena belum tanda tangan, gede banget, gede banget. Kita tanda tangan Insya Allah nanti bulan Juli di Abu Dhabi atau di Dubai,” kata Jokowi.

Seiring pembangunan, Jokowi menjelaskan akses transportasi ke IKN akan semakin mudah dengan adanya jalan tol serta bandara komersial.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menegaskan, investasi domestik dan asing yang masuk ke IKN Nusantara masih terus berlanjut.

Baca juga : Tokopedia: Strategi Agar Tetap Tumbuh

“Pembangunan IKN itu kan sifatnya bertahap. Tahap berikutnya kita lagi buka untuk investasi asing. Domestik kan sudah banyak, kalau asing wait and see. Kalau domestiknya sudah masuk, mudah-mudahan asing ikut buka untuk wilayah lainnya,” kata Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menekankan bahwa proses investasi di IKN tetap berjalan.

“Tidak ada masalah (dengan mundurnya Kepala dan Wakil Kepala OIKN), semua berjalan bagus kok,” kata Bahlil di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Baca juga : Jangan Buang Limbah Hewan Kurban Ke Kali

Menurutnya, penggantian kepemimpinan di OIKN merupakan hak prerogatif Presiden dan dipastikan tidak akan berdampak negatif ke lembaganya.

“Presiden menghargai ketika pembantunya mengundurkan diri. Jadi, kalau Kepala dan Wakil Kepala OIKN mundur bukan berarti investasi dan pembangunan di IKN macet juga, tidak benar itu,” ujarnya.

Bahlil juga mengeklaim, tidak ada keluhan dari investor pasca mundurnya Kepala dan Wakil Kepala OIKN. Bahkan, proses investasi di IKN bisa lebih cepat karena ditangani oleh Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang saat ini juga menjabat Plt. Kepala Otorita IKN. NOV

Baca juga : The Three Lions Makin Waspada

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Minggu, 16 Juni 2024 dengan judul "Sebelum Harga Tanah Melonjak Jauh, Jokowi Ajak Pengusaha Lokal Investasi Di IKN"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.