Dark/Light Mode

Idul Adha, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong Untuk Dhuafa Di Pelosok Indonesia

Senin, 17 Juni 2024 13:04 WIB
Bank Syariah Indonesia mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 Hijriah.Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta. kamis (17/6/2024). (Foto: BSI)
Bank Syariah Indonesia mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 Hijriah.Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta. kamis (17/6/2024). (Foto: BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat dhuafa di berbagai wilayah Indonesia pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah/2024. 

Distribusi hewan potong tahun ini meningkat 32 persen dari tahun lalu sebanyak 7.112 ekor.

Daging ini diperkirakan akan dibagi menjadi 187.800 porsi yang akan dikemas dalam besek bambu, sehingga ramah lingkungan.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, Idul Adha merupakan momentum tahunan BSI mendistribusikan daging hewan potong kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Hal ini sejalan dengan komitmen kami sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya, Senin (17/6/2024).

Baca juga : Putin: Idul Adha Persatukan Umat, Dorong Belas Kasih Dan Rasa Keadilan

Tahun ini, BSI berkolaborasi dengan 19 Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) memberikan fasilitas layanan pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile dengan smart funding Hasanah Card. 

Tercatat pembelian hewan kurban lewat Hasanah Card mencapai 185 ekor sapi dan 628 ekor kambing/domba. Sementara pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile, selama periode pembelian hewan kurban sebanyak 12 sapi dan 966 kambing/domba. 

Kondisi tersebut menunjukkan masyarakat juga sudah menyadari untuk berkurban secara online, sehingga distribusi hewan lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia. 

‘’Inilah manfaat BSI Mobile, sehingga umat Islam bisa berkurban dan dagingnya bisa dinikmati masyarakat yang membutuhkan di wilayah lain,” kata Hery.

Selain itu, berkurban melalui platform BSI Mobile yang bekerja sama dengan 19 amil zakat tersebut membuktikan misi BSI sebagai sahabat finansial, spiritual dan sosial. 

Baca juga : Jelang Idul Adha, PLN UID Jakarta Pastikan Keamanan Listrik di Pasar Tradisional

Adapun distribusi hewan kurban BSI akan dilakukan ke wilayah Indonesia. Seperti di Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pemotongan hewan hingga penyaluran ke duafa dilakukan dengan ramah lingkungan," ujar Hery.

Hewan potong yang dipilih adalah, hewan sehat yang memenuhi persyaratan umur hewan qurban dari desa binaan BSI, penampungan limbah kotoran sapi dan kambing untuk diolah menjadi kompos dan penyaluran daging dikemas dengan daun dan minim limbah sampah.

Hery menuturkan, green activity di berbagai aspek akan terus dilakukan sebagai komitmen BSI dalan menerapkan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG), serta menjadi perilaku positif untuk bersama mewujudkan Indonesia menuju NZE (Net Zero Emissions).

Pemilihan hewan telah diseleksi secara ketat dari kesehatan hewan yang melibatkan dokter hewan di  berbagai lembaga untuk memberikan pembinaan dan pendampingan. 

Baca juga : Artha Graha Peduli Terima Dan Salurkan Ratusan Hewan Kurban Untuk Masyarakat

“Khususnya kepada para peternak terkait proses pengembangbiakkan, pemberian pakan, dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak,” katanya.

Secara berkala dokter hewan juga dilibatkan dalam melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban. Selain itu, para penyembelih hewan kurban juga diajari bagaimana cara memotong hewan yang benar sesuai ajaran Islam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.