Dark/Light Mode

Wah! Harga Minyakita Naik Mulai Pekan Depan, Ini Alasannya

Kamis, 20 Juni 2024 18:24 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa harga eceran tertinggi (HET) Minyakita akan naik menjadi Rp15.500 per liter mulai pekan depan. Sebelumnya, HET Minyakita adalah Rp14.000 per liter. 

"Sudah dibikin dan juga dibahas. Kenaikannya minggu depan," kata Zulhas di sela-sela Forum Sinergitas Ekspor di Surabaya, dilansir ANTARA, Kamis (20/6).

Zulhas beralasan, kenaikan ini didasari oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Saat ini, nilai tukar rupiah sudah melebihi Rp16.000 per dolar AS.

Baca juga : Yandri Susanto Nilai Pelaksanaan Haji Tahun Ini Lebih Baik

"Nanti khawatir kalau nggak disesuaikan ekspornya jauh beda harganya. Nanti kami kurang lagi," jelas Zulhas.

Selain itu, biaya pokok produksi Minyakita juga terus mengalami perubahan. Zulhas khawatir, jika harga tidak disesuaikan, ekspor minyak goreng akan terganggu.

"Nanti khawatir kalau nggak disesuaikan ekspornya jauh beda harganya. Nanti kami kurang lagi," tambahnya.

Baca juga : Kaesang Tak Keberatan Diduetkan Dengan Anies

Kenaikan harga Minyakita juga mengikuti tren kenaikan harga bahan pokok lainnya, seperti beras. Zulhas mencatat, harga beras premium sudah naik dari Rp10.900 menjadi Rp12.500 per kg.

Meski demikian, Zulhas menegaskan tidak ada rencana untuk mengubah aturan domestic market obligation (DMO) untuk bahan baku minyak goreng domestik.

Zulhas juga meyakinkan bahwa harga Minyakita yang baru tetap akan lebih murah dari minyak goreng kemasan premium.

Baca juga : Butuh Untuk Nafkahi Keluarga, SYL Minta Hakim Buka Blokir Rekeningnya

"Jadi, memang sudah saatnya (harga) Minyakita naik. Kalau minyak premium lebih mahal lagi (dari harga Minyakita)," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.