Dark/Light Mode

Hasil Kunjungan Agus Gumiwang Ke Tokyo

RI Dan Jepang Sepakat Genjot Industri Otomotif

Selasa, 25 Juni 2024 07:00 WIB
Menteri Per­industrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito di Tokyo, Jumat (21/6/2024). Foto: Kementerian Perindustrian.
Menteri Per­industrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito di Tokyo, Jumat (21/6/2024). Foto: Kementerian Perindustrian.

 Sebelumnya 
Agus memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan otomotif Jepang, karena hingga saat ini terus melakukan kegiatan usahanya di Indonesia dengan baik dan positif.

Termasuk dalam melakukan pendalaman struktur dengan melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam ekosistem produksi otomotif di Indonesia.

Melihat kondisi positif terse­but, Agus mendorong peningkatan kerja sama dalam pengem­bangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga : Terburuk Di Dunia, Polusi Udara Jakarta Kian Parah

Selain itu, Agus juga me­maparkan peluang besar ke­pada industri otomotif Jepang untuk berpartisipasi mengisi gap consumption per capita untuk produk otomotif.

“Saat ini rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indo­nesia adalah 99 mobil/1.000 pen­duduk. Saya yakin dalam waktu tidak terlalu lama bisa didorong untuk mencapai 150/1.000. Karenanya, saya mengharapkan produk mobil dari Jepang dapat mengisi gap tersebut,” ujar Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga membahas mengenai kerja sama di bidang pengem­bangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : Israel Diramal Kedodoran Perang Lawan Hizbullah

Untuk meningkatkan jumlah SDM kompeten di bidang indus­tri, Menperin memaparkan ren­cana pertukaran SDM industri antara Indonesia-Jepang.

Dengan pertukaran tersebut, SDM industri asal Indonesia bisa mendapat pelatihan tertentu di Jepang, sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik.

“Ketika kembali dari Jepang, mereka juga bisa membantu perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia maupun membangun start up yang bisa men­dukung ekosistem pengembangan perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia,” pungkas Agus. NOV

Baca juga : Tepis Selingkuh Dengan Anji

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Senin, 25 Juni 2024 dengan judul "Hasil Kunjungan Agus Gumiwang Ke Tokyo RI Dan Jepang Sepakat Genjot Industri Otomotif"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.