Dark/Light Mode

CCS Dukung Indonesia Emas 2045 Dan Ketahanan Energi

Kamis, 27 Juni 2024 11:41 WIB
Direktur Eksekutif IPA, Marjolijn Wajong (kiri), Chief of Infographic Sub Committee IPA Convex 2024, Hendra Halim (tengah) dan Deputy Chief of Infographic Sub Committee IPA Convex 2024, Rina Rud. [Foto: Dok]
Direktur Eksekutif IPA, Marjolijn Wajong (kiri), Chief of Infographic Sub Committee IPA Convex 2024, Hendra Halim (tengah) dan Deputy Chief of Infographic Sub Committee IPA Convex 2024, Rina Rud. [Foto: Dok]

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, dia menyebutkan, Indonesia diberkahi keuntungan geologis dengan banyak lokasi penyimpanan karbon dan industri migas yang sudah berpengalaman. Hendra yakin, Indonesia dapat menjadi CCS Hub regional. Namun hal tersebut membutuhkan kolaborasi tepat antara Pemerintah dan industri migas.

“Ada empat prioritas utama yang dibutuhkan dalam kolaborasi ini, yaitu peraturan pelaksana CCS yang komprehensif, perjanjian lintas batas CO2, harga karbon, dan insentif CCS. Pemerintah harus fokus pada kemudahan berbisnis, kepercayaan investor, dan kepercayaan pemangku kepentingan,” tambahnya.

Baca juga : Penerapan CCS Dukung Visi Indonesia Emas 2045 Dan Ketahanan Energi

Bersama dengan Hendra, Deputy Chief of Infographic Sub-Committee, Rina Rudd, menambahkan, industri hulu migas masih sangat potensial di masa mendatang. Mengingat kebutuhan energi yang terus meningkat secara kuantitas.

Gas bumi merupakan salah satu solusi memenuhi kebutuhan energi yang rendah emisi karbon. Terlebih dengan adanya dua temuan besar sumberdaya gas di Geng North oleh Eni Indonesia dan Layaran oleh Mubadala Energy Indonesia.

Baca juga : Indonesia Vs Laos, Garuda Muda Mau Sapu Bersih

“Kita harus segera memonetasi potensi gas tersebut, agar bisa memberikan dampak ekonomi dan lingkungan ke depan nya,” kata dia.

Seperti diketahui, Komite IPA Convex 2024 sebelumnya telah menerbitkan buku Infografik dan menyerahkannya kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada acara Pembukaan IPA Convex 2024 beberapa waktu lalu.

Baca juga : BSI International Expo 2024 Perkuat Inklusi Dan Literasi Perbankan Syariah

Secara garis besar, buku Infografis ini memberikan penjelasan menyeluruh tentang CCS, baik secara global maupun dalam konteks Indonesia. Penerbitan Infographic tentang CCS ini merupakan tindak lanjut penerbitan IPA White Paper pada tahun 2023 yang lalu. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.