Dark/Light Mode

Kim Jong Un: Rusia Teman Sejati, Putin Kesayangan Rakyat Korut

Rabu, 19 Juni 2024 22:07 WIB
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un (Foto: Instagram)
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan perdana Presiden Rusia Vladimir Putin ke Korea Utara (Korut) dalam 24 tahun terakhir, menunjukkan semakin dalamnya hubungan Moskow-Pyongyang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mantap melabeli Rusia dengan istilah teman sejati, dan menyebut Putin sebagai teman kesayangan rakyat Korea.

Baca juga : Komunitas Kampung Pandai Kembangkan Literasi dari Kampung ke Kampung

Dalam inti kunjungan kenegaraan pada Rabu (19/6/2024), Putin dan Kim menggelar jumpa pers, usai menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis Komprehensif antara Rusia dan Korea Utara.

"Pada saat ini, ketika seluruh dunia mengalihkan pandangannya ke Pyongyang, di saat misi persahabatan dari Rusia telah tiba, saya berdiri bersama rekan-rekan Rusia saya, teman sejati dan rekan-rekan, di aula khidmat ini," kata Kim, seperti dilansir TASS, Rabu (19/6/2024).

Baca juga : KM Umsini Terbakar Di Pelabuhan Soetta, PELNI Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Kim menggarisbawahi, Rusia dan Korut tak mungkin menyepakati perjanjian terbaru yang sangat kuat, tanpa tekad dan pandangan Putin, yang disebutnya sebagai teman kesayangan rakyat Korea.

Moskwa dan Pyongyang telah menjadi sekutu sejak Korut berdiri setelah Perang Dunia II. Hubungan Rusia dan Korut semakin dekat sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 2022, yang berujung pada terisolirnya Putin secara internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.