Dark/Light Mode

Lewat Program Gerobak Cahaya, Bantuan YBM PLN Dongkrak Omset Pelaku Usaha Kecil

Jumat, 28 Juni 2024 16:28 WIB
PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP JBB terus berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan kerja. (Foto: Istimewa)
PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP JBB terus berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan kerja. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara  (Persero) atau PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP JBB terus berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan kerja.

Salah seorang penerima manfaat, Oneng Watimah menuturkan, dirinya memperoleh bantuan berupa Gerobak Cahaya dan modal usaha dari YBM PLN UIP JBB.

Dengan adanya bantuan tersebut, Oneng bisa menjaga keberlangsungan usahanya yaitu menjual nasi uduk.

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan, ada gerobak untuk jualan dan dikasih modal usaha juga. Ini sangat berarti untuk saya, karena hasil jualannya bisa untuk menyekolahkan ketiga anak saya," tuturnya, dalam keterangannya Kamis (27/6/2024).

Baca juga : OJK Luncurkan Aplikasi SPRINT, Ini Kata Pelaku Usaha Kripto

Ia mengaku, dengan bantuan itu omset penjualannya juga terus mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah, hasil jualan naik terus. Awalnya, hanya sekitar Rp 100.000 – Rp 200.000 per hari. Sekarang, omsetnya bisa sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000 per hari," ujar Oneng.

Di kesempatan yang sama, General Manager PLN UIP JBB Defiar Anis menyampaikan, fokus Perusahaan tak hanya menjaga keandalan kelistrikan yang ada di daerah DKI Jakarta, Banten dan sebagian Jawa Barat, tetapi juga menjalankan program sosial yang difokuskan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu, YBM PLN UIP JBB memberikan Gerobak Cahaya dan modal usaha kepada Ibu Oneng Watimah, sebagai salah satu penerima manfaat yang ada di daerah Depok.

Baca juga : Tegas, Erick Thohir Bakal Penjarakan Pelaku Match Fixing

"Bantuan yang diberikan ini, benar-benar bermanfaat, karena ibu Oneng bisa terus mandiri dan berdikari dalam menjalankan usahanya, yaitu menjual nasi uduk," ujar Anis.

Anisberharap, bantuan usaha ini mampu meningkatkan taraf hidup ibu Oneng beserta keluarganya. Apalagi, bisa meringankan biaya pendidikan ke-3 anaknya.

Tak hanya itu, PLN UIP JBB juga terus melakukan monitoring kepada penerima bantuan agar terus berupaya dalam mengoptimalkan pemberian gerobak tersebut.

"Evaluasi terus dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan program ini," ungkap Anis.

Baca juga : Program Pemberdayaan UMKM Sampoerna Berhasil Kembangkan Kapasitas Pelaku UMKM

Sementara itu, Ketua YBM PLN UIP JBB, Reza Zuliadi mengungkapkan, setiap penerima manfaat sudah melalui proses seleksi dan sesuai kriteria yang ditentukan.

"Seleksi yang kami lakukan berupa pengkategorian asnaf zakat, di mana penerima bantuan termasuk dalam kategori keluarga tidak mampu," pungkas Reza.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.