Dark/Light Mode

Tempuh 1000 Km, Tim Toyota Pelajari Jalan dan Kebutuhan Konsumen RI

Minggu, 17 November 2019 20:02 WIB
Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020. (Foto: ist)
Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 menempuh jarak 1.000 km dari Jakarta ke Surabaya untuk mempelajari jalan dan kebutuhan konsumen Indonesia. Hal ini untuk meciptakan mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Perjalanan dilakukan selama 4 hari dari 12-15 November 2019. Rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 terdiri dari 27 orang perwakilan Toyota Motor Corporation (TMC) beserta 4 orang perwakilan Toyota Indonesia.

Mereka menggunakan produk unggulan Toyota, yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush. Dan 4 produk yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.

Semua masukan dan pelajaran yang didapat selama perjalanan menjadi modal utama untuk mewujudkan impian “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”. “Selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 yang bermodalkan semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesaikan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

Baca juga : Terpilih Aklamasi, Surya Paloh Jadi Ketum Partai NasDem Lagi

Dia berharap, berbagai kondisi infrastruktur jalan, kultur berkendara yang unik, dan keberagaman kebutuhan konsumen di Indonesia dapat menjadi pelajaran berharga. Khususnya untuk mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk menghadirkan mobil terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia. Kegiatan ini juga untuk mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders Toyota di berbagai belahan dunia, untuk dapat terus membuat ever-better cars bersama untuk masa kini dan masa depan.

Acara diawali dengan opening ceremony di kantor pusat Toyota Indonesia di  Sunter, Jakarta Utara, pada Selasa (12/11). Kemudian tim beranjak menuju pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Rombongan disambut oleh karyawan pabrik. Mereka juga sekaligus mendapatkan penjelasan secara langsung mengenai proses pembuatan beberapa model line-ups Toyota di Indonesia yang merajai pasar domestik dan ekspor.

Baca juga : Tanam Kacang Koro Pedang Janjikan Keuntungan Berlipat Ganda

Sebelumnya pada Senin (11/11), beberapa perwakilan tim 5 Continents Drive memperoleh kesempatan untuk mengunjungi rumah konsumen untuk melihat secara langsung aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh konsumen. Tim mendapatkan banyak pelajaran mengenai kondisi jalan yang konsumen lalui serta kebutuhan konsumen yang beragam dan unik. 

Selain itu, tim juga melakukan diskusi dengan pihak dealer Toyota di Jakarta untuk mendapatkan gambaran kondisi pasar Indonesia. Mereka juga menerima saran dan masukan yang konsumen sampaikan kepada pihak dealer terhadap produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia.

Selanjutnya pada Rabu (13/11), dalam perjanan ke kota Cirebon, tim 5 Continents Drive melakukan kunjungan ke salah satu dealer dari group Toyota global. Tim berdiskusi dengan pihak dealer mengenai kebutuhan konsumen dan untuk memperkuat kolaborasi antar Toyota group.

Usai melakukan pertemuan dengan dealer, tim melanjutkan perjalanan ke kota Solo hingga Kamis (14/11). Di mana tim merasakan jalan tol Trans Jawa sebagai penghubung utama antar kota di pulau Jawa. 

Baca juga : Belum Tertangkap, Penyebar Hoaks Pemantik Kerusuhan Wamena

Setelah beristirahat dan menikmati cita rasa kuliner di kota Solo, tim 5 melanjutkan perjalanannya ke Gunung Bromo pada Jumat (15/11) pagi. Di Bromo mereka berdiskusi dengan komunitas Toyota Fortuner ID42NER yang kerap melakukan perjalanan ke Gunung Bromo dan beraktivitas di sekitarnya. 

Bermodalkan semangat Genchi Genbutsu, Toyota percaya bahwa dengan berkemudi secara langsung di jalan dengan berbagai kondisi, maka kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota dapat berkembang sehingga dapat senantiasa menghadirkan ever-better cars yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen terhadap mobilitas.

“Semangat Genchi Genbutsu telah kami terapkan sejak dulu, di mana kami selalu menghadirkan mobil yang sesuai dengan karakter masyarakat dan geografis di Indonesia, termasuk dua produk kami yang berhasil menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Menurut Henry, kedua produk ini menjadi bukti komitmen Toyota untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. Sebagai perusahaan mobilitas, berbagai pelajaran berharga yang kami dapatkan dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan dijadikan modal utama untuk menghadirkan ever-better cars baik di masa kini maupun di masa depan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.