Dark/Light Mode

Pertumbuhan Data Center RI Kalah Jauh Dibanding Singapura

Rabu, 20 November 2019 17:32 WIB
data center. (ist)
data center. (ist)

 Sebelumnya 
Country Leader Amazon Web Service (AWS) Indonesia Gunawan Susanto memastikan bahwa AWS akan membuka data center di Indonesia pada akhir 2021. Hal ini menyusul diumumkannya Jakarta sebagai salah satu region baru AWS di kawasan Asia Pasifik.

“Di Jakarta ini sudah menjadi salah satu region baru bagi AWS yang akan memiliki tiga availability zones (zona ketersediaan), di mana masingmasing zona ketersediaan akan memiliki minimal satu data center,” jelas Gunawan.

Baca juga : Sandi Siap Jadi Jurkam Calon Gerindra

Sebelumnya di kawasan Asia Pasifik, AWS sudah memiliki enam region lainnya, termasuk Singapura, Sydney, Tokyo, Seoul, serta Hong Kong. Menurut Gunawan, AWS menawarkan lebih dari 160 fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggannya, mulai dari fitur keamanan, penyimpanan data, hingga IoT dan AI.

AWS Indonesia telah membantu banyak pelanggan, di antaranya Kumparan, Halodoc, Grab, Traveloka, Kredivo, Elevenia, Zalora, DBS Bank, Iflix, hingga Sociolla.

Baca juga : Wamenkeu Sebut Ekonomi Kita Masih Ok Dibanding Negara Lain

Senior Technical Evangelist AWS ASEAN Donnie Prakoso mengungkapkan, kehadiran tiga zona ketersediaan di region Jakarta akan memberikan manfaat bagi pelanggan AWS Indonesia. “Banyak manfaatnya salah satunya ada ketersediaan data yang tinggi, skalabilitas data yang tinggi, hingga tolerasi kesalahan data yang tinggi pula,” ujar Donnie. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.