Dark/Light Mode

Gelar Konvensyen ke-20 di Jakarta

DMDI Targetkan Perkuat Bisnis Online

Minggu, 24 November 2019 00:16 WIB
Gelaran Konvensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke-20 di Sultan Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Gelaran Konvensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke-20 di Sultan Hotel, Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konvensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke-20 dihelat pada 22-24 November 2019 di Sultan Hotel, Jakarta. Silaturahmi para pengurus di 23 negara tahun ini bertema “Memperkasakan Bisnis Online”.

"Acara konvensyen Dunia Islam Dunia Melayu ke-20 ini merupakan silaturahim para pimpinan DMDI di 23 negara. Tema tahun ini memperkasakan bisnis online daripada negara-negara Dunia Melayu Dunia Islam di seluruh dunia. Ada beberapa pembicara dari BKPM dan Kementerian Agama sudah menyampaikan komitmen untuk bisa menjalin kerja sama ke seluruh negara-negara DMDI yang mengikuti konvensyen ini," ujar Said Aldi Ali Idrus, Ketua Panitia Konvensyen DMDI ke-20, di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (23/11)

Baca juga : Kadin Dorong Pertumbuhan Investasi Di Sektor Pangan

Presiden DMDI, Tan Sri H M Ali Rustam, menjelaskan visi misi DMDI berdiri untuk menyatukan orang-orang Melayu yang tersebar di seluruh dunia. "DMDI berdiri sejak 2000 di Malaka. Awalnya beranggota 10 negara sekarang sudah 23 negara. Tujuannya untuk menyatukan hubungan orang-orang Melayu Islam yang sudah berserak di seluruh dunia,” ucapnya.

Sejak 500 tahun lalu, kata dia, orang Melayu banyak yang merantau. Mereka berada di Afrika Selatan, Suriname. “Zaman dulu ke sana bersama orang Belanda, berangkat dari Indonesia dan Malaysia. Istilahnya dulu jauh di mata jauh di hati. Tapi sekarang, melalui DMDI, jauh di mata dekat di hati. Kalau lama tak jumpa nanti lama kelamaan menjadi lupa padahal sama-sama saudara orang Melayu," tutur Rustam.

Baca juga : Sukses Gelar Pra PON 2019, Pengprov PGSI DKI Jakarta Dinilai Selamatkan Gulat Nasional

Dia berharap, dengan acara ini, saudara yang jauh terpisahkan dirapatkan lagi. “Tali silaturahmi dapat dieratkan melalui DMDI ini. Kita banyak membuat program selain konvensyen. Setiap tahun Tilawatil Quran, lokakarya, pertandingan pantun, pertunjukan tarian dan kesenian, kegiatan belia, kegiatan wanita, kegiatan sukan (sepak takraw), gasing dan bowling dan ekonomi," sebutnya.

Pada konvensyen tahun ini, DMDI memperkenalkan perniagaan online bagi seluruh anggotanya untuk dapat memanfaatkan www.dmdibiz.com sebagai media komunikasi bisnis antar anggota dan antar negara. "Malam ini akan kami luncurkan website kami setelah register, akan dimasukkan pendaftaran namanya dan semoga dalam tempo 2 tahun ada ribuan usahawan online keluarga DMDI," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.