Dark/Light Mode

Ditanya Soal Mafia Migas

Ahok: Saya Kan Bukan Godfather

Senin, 25 November 2019 12:45 WIB
Ahok di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11). (Foto: Istimewa)
Ahok di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak pihak yang berharap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mampu memberantas mafia minyak dan gas (migas) ketika menjabat Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero).

Saat ditanya soal ini, Ahok mengaku tak tahu maksud dari mafia migas. Dia malah bertanya balik kepada wartawan. "Maksudnya mafia migas apa ya? Saya kan bukan Godfather," ujar Ahok di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11).

Baca juga : Meutya Hafid Harap Munas Golkar Capai Musyawarah Mufakat

Godfather merupakan istilah bagi tokoh besar alias bos mafia, yang diambil dari film yang disutradarai Francis Ford Coppola, berdasarkan buku karangan Mario Puzo.

Ahok menegaskan, direksi-lah yang memiliki kewenangan untuk menentukan segala bentuk kebijakan Pertamina. Sebagai Komut, ia hanya bertugas membantu para direksi Pertamina dalam memperkuat pengawasan internal di tubuh perusahaan milik negara itu. "Saya hanya duduk bantu awasi," seloroh eks gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : AC Milan Jeblok di Kandang, Udinese Menang

Karena itu, Ahok ogah membeberkan soal permasalahan-permasalahan di tubuh Pertamina. Misalnya saja, saat ditanya soal impor minyak.

"Sama Dirut. Saya bukan Dirut. Saya tahu, tapi bukan hak saya untuk bicara. Itu hak dirut. Saya hanya ngawasin internal," elaknya.

Baca juga : Nadiem Jadi Mendikbud, Mitra Ojol: Selamat dan Bangga

Ahok hari ini secara resmi telah dilantik sebagai Komisaris Utama Pertamina, menggantikan Tanri Abeng. Surat Keputusan atau SK penunjukan itu langsung diserahkan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wrijoatmodjo. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.