Dark/Light Mode

Genjot Kinerja, PLN Resmikan Pusat Pengelola Informasi dan Solusi

Rabu, 27 November 2019 17:01 WIB
PT PLN meresmikan Pusat Pengelola Informasi dan Solusi (P2IS). Langkah ini ditempuh untuk memantau project yang tengah dibangun PLN dari Sabang sampai Merauke. (Foto : Humas PLN)
PT PLN meresmikan Pusat Pengelola Informasi dan Solusi (P2IS). Langkah ini ditempuh untuk memantau project yang tengah dibangun PLN dari Sabang sampai Merauke. (Foto : Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satunya dengan meresmikan Pusat Pengelola Informasi dan Solusi (P2IS).

P2IS ini berfungsi untuk memantau project yang tengah dibangun PLN dari Sabang sampai Merauke.

Plt Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Energi, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Heri Purnomo menyebutkan, adanya P2IS ini adalah langkah yang baik yang dilakukan PLN untuk memantau performa dan sistem kelistrikan seluruh Indonesia.

Baca juga : Pelototi Kinerja Pertamina, Ahok Minta Dukungan Informasi Dari Masyarakat

"Hal ini juga bisa menjadi early warning dan meningkatkan kinerja PLN," paparnya dalam siaran pers.

Adapun dalam launching P2IS dilakukan oleh Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan Plt Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Energi, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Heri Purnomo serta seluruh jajaran Direksi PLN. Acara digelar dikantor PLN Pusat (27/11).

Plt Dirut PLN Sripeni Inten cahyani menjelaskan, P2IS sengaja dihadirkan untuk menghimpun seluruh data dan juga kondisi sistem ketenagalistrikan di tanah air.

Baca juga : KPK Cecar Lukman Hakim Soal Pengelolaan Haji dan Gratifikasi

“P2IS ini adalah cikal bakal advanced analysis, yang meliputi sistem operasi, project yang tengah dibangun PLN, media crisis center dan juga memantau performance atau kinerja perusahaan” ungkapnya.

Adanya P2IS diharapkan bisa menjadi fondasi untuk menyatukan informasi yang selama ini belum tersentralisasi. Setelah informasi tersebut diterima kemudian dilanjutkan dengan analisa yang komprehensif.

Sehingga BOD bisa memberikan dan menganalisa langkah konkrit dan efektif untuk menentukan tindak lanjut atau solusi permasalahan.

Baca juga : Genjot Kinerja Hingga Akhir Tahun, Ini Jurus Bank Bukopin

PLN menyadari dalam era digitalisasi seperti saat ini, data menjadi kunci utama dalam pengambilan keputusan dan solusi, mengembangkan peluang dan strategi bisnis perusahaan kedepan.

Diharapkan dengan P2IS semua kinerja dan kondisi kelistrikan dapat dikelola secara optimum dalam memitigasi risiko dan sebagai early warning system perusahaan.

“Salah satu fungsi P2IS adalah sebagai monitoring room. tetapi tidak hanya itu, P2IS sangat membantu dalam mempermudah jalannya koordinasi antar bidang serta dapat membantu memastikan setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada” tutupnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.