Dark/Light Mode

Luncurkan Website Baru, PPI Ingin Jadi Pusat Informasi Pendidikan di Luar Negeri

Senin, 4 November 2019 17:45 WIB
Dari kiri: Chief Registry Officer PANDI Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik PANDI M Shidiq Purnama, Ketua PPI Dunia Periode 2019-2020 Fadlan Muzakki. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Chief Registry Officer PANDI Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik PANDI M Shidiq Purnama, Ketua PPI Dunia Periode 2019-2020 Fadlan Muzakki. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) seluruh dunia resmi meluncurkan website baru dengan alamat ppi.id. Website ini menggantikan yang lama dengan domain ppidunia.org. Website ini merupakan hasil kerjasama PPI dengan dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) selaku Registry Nama Domain .id.

Koordinator PPI Se-Dunia Periode 2019-2020, Fadlan Muzakki, mengatakan, alasan PPI mengubah alamat website agar bisa lebih menunjukkan identitas mereka sebagai Indonesia dan menjadi pusat informasi pendidikan di luar negeri yang kredibel. “Kami memilih .id sebagai alamat website karena kami adalah bagian dari warga negara Indonesia. Di samping itu kami ingin masyarakat Indonesia mendapat informasi yang benar dan valid terkait info beasiswa di luar negeri, karena ada banyak penipuan beasiswa ke luar negeri yang mengatasnamakan PPI,” tegas Fadlan, di Kantor PPI Jakarta, Senin (4/11).

Baca juga : Dikawal Ajudan, Nadiem Grogi

Fadlan menambahkan, perubahan alamat website ini sekaligus bertujuan untuk merapikan alamat website PPI tiap negara. Sehingga dapat terkoneksi di tiap negara di seluruh dunia.

“Semua alamat website PPI tiap negara yang sah terdaftar adalah yang berakhiran ppi.id. Misal untuk Italia adalah it.ppi.id, belgia.ppi.id untuk Belgia dan lain sebagainya. Jadi jika mendapat informasi dari website PPI dengan format yang lain, mohon diinfokan dahulu ke website ppi.id,” tambah Fadlan.

Baca juga : Gantikan Febryan Aditya, Piet Pagau Resmi Jadi Plt. Ketua Umum Parfi

Website ppi.id kini bisa terintegrasi dengan website PPI di setiap negara. Fokus kegiatannya dengan memberikan informasi dasar seputar info beasiswa, tips mendapatkan beasiswa, informasi gaya hidup dan sharing pengalaman hidup dari berbagai sudut pandang di setiap negara.

Gunawan Tyas Jatmiko, Chief Registry Officer PANDI, mengatakan, perlu adanya dukungan dari PPI agar bisa menunjukkan identitas negara Indonesia. “Harapan PANDI dengan kawan-kawan PPI agar dapat menggaungkan Indonesia secara luas ke seluruh dunia, dengan support yang PANDI berikan melalui website, semua dapat tersambung melalui internet,” ucapnya.

Baca juga : Mahathir Luncurkan Kerangka Kerja Kebijakan Luar Negeri

Selain website, PANDI juga menyiapkan Virtual Private Server (VPS) untuk media penyimpanan informasi bagi anggota PPI di seluruh dunia. Website ppi.id kini menyematkan sebuah laman khusus untuk penjualan Nama Domain .id. Hal tersebut diharapkan menjadi pendapatan tambahan keuntungan dari hasil monetisasi bagi PPI dan anggotanya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.