Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Raker, Pelindo III Susun Rencana Kerja 2020

Selasa, 3 Desember 2019 23:16 WIB
Raker Pelindo III. (Foto: Ist)
Raker Pelindo III. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
PT Pelindo III menggelar rapat kerja (raker) untuk mengevaluasi capaian kinerja selama 2019 serta menyusun target dan rencana kerja baru pada 2020, Senin (2/12).

Raker tersebut dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Turut juga menghadirkan perwakilan pemerintah daerah dari 8 provinsi yang menjadi wilayah kerja Pelindo III (Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, NTT dan Yogyakarta).

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengapresiasi, capaian di 2019 yang rata-rata tercapai di atas target 2-5 persen. Doso mengharapkan, ke depan akan ada peningkatan.

Baca juga : Paling Informatif, Pelindo III Sabet Anugerah Keterbukaan Publik

"Saya harapkan dari pertemuan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan BUMN sebagai lokomotif pembangunan sehingga dapat melangkah lebih cepat dan kerja lebih optimal," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada Rakyat Merdeka, Selasa (3/12).

Menurut Doso, di tahun depan ada beberapa hal strategis yang ingin dicapai. Di antaranya  pengembangan pelabuhan baru dan kawasannya yaitu Pelabuhan Bajo dan Santong, Program Human Capital Global Standard Talent melalui integrated talent management and learning management, digitalisasi port industry 4.0, modernisasi alat fasilitas pelabuhan, sinergi dalam rangka ketahanan energi dan yang tak kalah penting yaitu holding BUMN Maritim dan Pelindo Incorporated.

Selain itu, Doso juga mengincar peningkatan ekspor tiga kali lipat bisa tercapai. "Selama ini ekspor kita terkendala dokumen, kapal, kontainer. Dengan adanya data yang disampaikan dari menteri pertanian, kita bisa tahu per wilayah atau kabupaten kemampuan ekspornya sehingga bisa memudahkan kita dalam upaya meningkatkan ekspor," ujarnya.

Baca juga : Di Gebyar Karya Pertiwi, Panglima TNI Ajak Pengusaha Kerek Kualitas Produk

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik rencana Pelindo III dalam meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah di wilayahnya.

Walaupun sebelumnya sinergi antara Pelindo III sudah berjalan cukup baik dengan adanya pelabuhan Tanjung Mas dan fasilitas penyeberangan wisatawan menuju Karimun Jawa, kehadiran Pelindo III tetap di nantikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng sebesar 7 persen di tahun 2024 melalui pembangunan pelabuhan barang di Kendal dan Kudus sebagai gerbang ekonomi kreatif dan wisata.

"Saya ingin mengundang kapal cruise yang sandar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk over night,  di Jawa Tengah, nanti akan kami buatkan paket-paket wisata yang menarik di Jawa Tengah mulai Solo, Semarang, Yogyakarta, dan wilayah lainnya," kata Ganjar.

Baca juga : Indonesia Dukung Rencana Green Ship Strategy 2020-2025

Ganjar menilai, dengan begitu diharapkan para turis bisa belanja lebih banyak dan dapat meningkatkan pasar ekonomi melalui pariwisata.

"Jika ini bisa tercapai tentunya peningkatan ekonomi 7 persen di jateng tidak akan sulit diraih dan kami bisa berkontribusi pada nasional, tentunya saya sendiri berharap pada Pelindo III bisa membantu kami dan bersinergi bersama membangun bangsa," ucapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.