Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Paling Informatif, Pelindo III Sabet Anugerah Keterbukaan Publik

Senin, 25 November 2019 22:00 WIB
Sekper Pelindo III, Ardhy Wahyu Basuki (kanan) saat menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden. (Foto: Pelindo III)
Sekper Pelindo III, Ardhy Wahyu Basuki (kanan) saat menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden. (Foto: Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menjadi satu-satunya badan publik yang mendapatkan predikat menuju informatif dalam ajang penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP). Penganugerahan tersebut diberikan langsung Ketua KIP Gede Narayana disaksikan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di Istana Wakil Presiden.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengaku bersyukur atas prestasi yang ditorehkan kembali oleh perseroan. "Ini membuktikan badan usaha kepelabuhanan Pelindo III menunjukan komitmennya terhadap keterbukaan informasi public dan menjalankan sesuai yang diamanatkan undang-undang," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (25/11).

Baca juga : Informatif, Kemenparekraf Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi

Prestasi membanggakan ini berkat kerja keras tim yang telah berupaya dan bekerja secara optimal. “Penghargaan ini menjadi kado tersendiri buat Pelindo III yang akan berusia 27 tahun pada 1 Desember nanti dan ini membuktikan bahwa Pelindo III selalu tunduk terhada paturan yang ditetapkan pemerintah karena Keterbukaan informasi merupakan bagian dari komitmen kami terhadapgood corporate governance (GCG) dan kami perusahaan negara yang taat pada aturan,” jelasnya.

Ketua KIP Gede Narayana berharap kepada semua pimpinan badan publik selaku atasan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan pelaksana pelayanan informasi kepada publik dapat menjadikan keterbukaan informasi sebagai budaya.

Baca juga : Soal Sawit, India Minta Barter Sama Beras Dan Gula

“Jika pimpinan badan publik sudah menjadikan pelaksanaan keterbukaan informasi publik sebagai budaya maka mindset mereka selalu berupaya memberikan pelayanan informasi terbaik kepada publik,” jelasnya.

Tahun ini, KIP melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Badan Publik terhadap 355 badan publik dengan 7 kategori yakni 34 kementerian, 34 pemerintah provinsi, 85 perguruan tinggi negeri, 46 lembaga negara dan lembaga pemerintah non kementerian, 38 lembaga non struktural, 109 BUMN, dan 9 partai politik. KIP memberikan penilaian akhir dengan kualifikasi badan publik informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif dantidak informatif. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.