Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tekan Impor BBM, Pelindo lll Gandeng PLN

Senin, 28 Oktober 2019 22:19 WIB
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung (kiri) bersama Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani usai menandatangi kerja sama pasokan listrik. (Foto: ist)
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung (kiri) bersama Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani usai menandatangi kerja sama pasokan listrik. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan PT PLN. Perjanjian kerja sama ini dilakukan demi pemanfaatan untuk shore connection listrik di seluruh pelabuhan yang dikelolanya.

Shore connection adalah jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga dan dipergunakan untuk kapal yang bersandar di pelabuhan. Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, kerja sama dengan PLN tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN dalam upaya menekan biaya logistik sekaligus untuk meningkatkan daya saing logistik yang selama ini dinilai mahal dan tidak efisien.

“Dengan memanfaatkan shore connection atau jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga, otomatis kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10).

Baca juga : Hindari Abrasi, Pelindo lll Gandeng TNI Tanam Bakau

Doso menjelaskan, penggunaan energi listrik untuk kebutuhan kapal terbukti meningkatkan efisiensi atau penghematan serta 30-40 persen, serta mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal menjadi hanya 3-4 hari, yang sebelumnya memerlukan waktu 4-5 hari.

“Inovasi tersebut juga mendukung program pemerintah terkait pengurangan polusi udara dan polusi suara di kawasan pelabuhan,” katanya.

Pelindo telah menginvestasikan Rp 70 miliar untuk program shore connection sebanyak 35 titik yang terpasang di 13 lokasi pelabuhan dan terminal di wilayah lerja Pelindo III. Puluhan titik tersebut pun memerlukan daya listrik dengan total 49.569 kilovolt ampere (kVA).

“Saya melihat ada potensi yang sangat bagus untuk memanfaatkan surplus energi listrik PLN. Saya berharap dengan MoU ini ke depan dapat dilakukan percepatan-percepatan untuk pemenuhan kebutuhan shore connection di beberapa terminal dan pelabuhan,” tuturnya.

Baca juga : Peduli Lingkungan, Pelindo lll Kucurin Dana Rp 2,4 M

Doso menambahkan pihaknya juga tengah menjajaki penggunaan shore connection di pelabuhan/terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS).

Kepala Cabang PT Temas Line Surabaya, Ronald C. Schouten menilai, sebagai salah satu pelanggan shore connection Pelindo III  dapat merasakan efisiensi dari penggunaan shore connection untuk listrik kapal kontainer di Terminal Berlian dan Terminal Teluk Lamong.

“Pada saat sandar kami dapat mengurangi konsumsi BBM dengan menggunakan listrik dari darat untuk beroperasi, dan tarif penggunaan listrik lebih murah serta pasokan untuk BBM juga dapat berlangsung lebih lama,” ungkapnya.

Berdasarkan data Pelindo III, jumlah kunjungan kapal pada kuartal III 2019 mengalami peningkatkan 15 persen, yakni tercatat 224 juta GT, naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 195,5 juta GT.

Baca juga : Kembangkan Sistem, Taspen Gandeng GEPS Korea

Berdasarkan satuan unit, pada periode itu, arus kunjungan kapal meningkat yakni mencapai 57.151 unit, atau naik 21 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yang hanya 47.178 unit. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.