Dark/Light Mode

Nataru, Airnav Denpasar Menerima Permintaan 367 Ekstra Flight

Selasa, 17 Desember 2019 22:49 WIB
General Manager AirNav Cabang Denpasar Kristanto. (Foto: Ist)
General Manager AirNav Cabang Denpasar Kristanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Penumpang pesawat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan mengalami lonjakan baik kedatangan maupun keberangkatan. AirNav Cabang Denpasar mengaku sejauh ini telah menerima pengajuan permintaan penambahan penerbangan atau extra flight sebanyak 367 hingga Selasa (17/12). 

General Manager AirNav Cabang Denpasar Kristanto menuturkan, 367 extra flight tersebut terdiri atas 167 kedatangan, 180 keberangkatan dengan jumlah seat mencapai 75.972.

"Maskapai-maskapai yang mengajukan ekstra flight saat ini sudah lima maskapai," katanya di Kantor AirNav Cabang Denpasar, Selasa (17/12).

Baca juga : Pertamina Amankan Pasokan Pertamina Dex dan Dexlite

Penerbangan tambahan tersebut diajukan dari berbagai maskapai diantaranya Garuda Indonesia 46, Malindo 12, Airasia 239, Korean Airlines 14, dan Citilink 56. Ada beberapa penambahan yang masih disesuaikan jumlahnya. 

"Demandnya nanti kita cek lagi naik turunnya. Permintaan itu baru hari ini, besok tentu bisa berubah lagi," ujarnya.

Kristanto menjelaskan, puncak extra flight dimungkinkan bertambah apalagi puncak Natal dan Tahun Baru yang diprediksikan tanggal 21 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. "Tahun lalu, realisasi ekstra flight ada 308 penerbangan dari permintaan 811 ekstra flight," jelasnya.

Baca juga : Menteri Teten Ajak Petani Teh Ikut Berkoperasi

Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, Kristanto mengungkapkan, Airnav akan membuka posko yang dimulai pada tanggal 19 Desember 2019 sampai 6 Januari 2020.

Kristanto juga mengaku telah menyiapkan personil yang mumpuni. Sebanyak 210 orang karyawan AirNav Cabang Denpasar yang terdiri telah siap memberikan pelayanan terbaik menjelang Natal dan Tahun Baru.

Posko pelayanan sendiri dilakukan karena Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan bandara dengan jumlah pergerakan maskapai terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta. Setidaknya ada 490 penerbangan dengan 35 maskapai internasional, sementara untuk yang domestik ada 8 maskapai.

Baca juga : Pancasila Harus Jadi Dasar Nilai Pembentukan Komunitas Masyarakat

Jumlah lalu lintas penerbangan juga rata-rata meningkat 10 persen setiap tahun. Komposisi penerbangan internasional  sebesar 43 persen dan domestik 57 persen.

Supervisor Tower ATC AirNav Cabang Denpasar Ariyanto Budinegoro menjelaskan, persiapan timnya menyambut Natal dan Tahun Baru ini cukup baik. Bali termasuk paling aktif apalagi saat Natal dan Tahun Baru.

"Kami pastikan agar tidak ada masalah. Seperti memastikan semua equipment tidak bermasalah, kesehatan semua controller terjaga, kelengkapan kru juga terjaga," ucapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.