Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peruri Kembangkan Produk Berbasis Digital

Rabu, 18 Desember 2019 22:57 WIB
Dwina Septiani Wijaya (Foto: Dok. Kementerian BUMN)
Dwina Septiani Wijaya (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perum Peruri tidak hanya menjadi perusahaan percetakan uang negara dan surat berharga bernilai sekuriti tinggi. Kini, Perum Peruri juga menggalakan pengembangan dan pemasaran produk berbasis digital.

Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya, mengatakan, dalam era globalisasi, teknologi informasi telah menjadi bagian dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. Atas dasar itu, pihaknya pun terjun ke pengembangan dan pemasaran produk berbasis digital.

Namun, produk digital ini tak boleh sembarangan. Suatu sistem pengelolaan informasi yang transparan, real time, serta memiliki fitur sekuriti tinggi wajib ada untuk melindungi suatu produk atau data dari pemalsuan.

Baca juga : Persebaya Taklukkan Persija 2-1 di GBK

Hal itu menjadi suatu kebutuhan dasar bagi perusahaan. Tujuannya, menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik, sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

“Penerapan Peruri Sign dalam aplikasi tanda tangan elektronik (digital signature) sudah menjadi kebutuhan dasar perusahaan-perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia,” ucap Nana, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (18/12).

Ada pun produk Peruri lainnya, yaitu Peruri Trust. Ini merupakan platform untuk melakukan end-to-end monitoring pada proses produksi, distribusi, hingga diterima konsumen. Sehingga, dapat dipastikan barang tersebut tidak mengalami perubahan dan dijamin keasliannya.

Baca juga : Pertamina Amankan Pasokan Pertamina Dex dan Dexlite

Manfaat produk sekuriti Peruri Trust adalah mampu mengelola semua informasi dari suatu barang yang disimpan dan dikeluarkan hingga barang tersebut disahkan. Peruri Trust memiliki beberapa produk sekuriti, seperti track and trace, digital locker, dan penjaminan online.

“Guna mengantisipasi kompetisi bisnis yang makin kompetitif di bidang digital sekuriti, Peruri yang berpengalaman dalam bidang pengamanan dokumen sekuriti milik negara akan terus melakukan inisiasi transformasi bisnis ke arah digital security platform (DSP),” terang Nana.

Sebelumnya, sejumlah pengguna layanan jasa dan produk Peruri hadir dalam Peruri Customer Gathering 2019, di Kawasan M Bloc, Jakarta. Beberapa perusahaan yang hadir berasal dari institusi pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), bank nasional dan swasta, perusahaan swasta nasional, serta universitas negeri dan swasta. [DHN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.