Dark/Light Mode

Nakhodai PLN, Zulkifli Zaini Bukan Orang Baru di BUMN Setrum

Senin, 23 Desember 2019 16:25 WIB
Zulkifli Zaini (Foto: Istimewa)
Zulkifli Zaini (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pengumumannya disampaikan langsung oleh Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12) sore ini.

Zulkifli bukanlah orang baru di PLN. Pria kelahiran Bukit Tinggi, Sumatera Barat 13 Januari 1956 ini pernah menjabat Komisaris PLN pada 2013 hingga April 2015.

Baca juga : Sah, Erick Tunjuk Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN dan Amien Sunaryadi Komut

Sebelumnya, Zulkifli berkarier sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2010 hingga April 2013. Kala itu, Zulkifli terpilih menggantikan Agus Martowardojo, yang didaulat menjadi Menteri Keuangan.

Kemudian pada tahun 2015 sampai saat ini, Zulkifli  - yang menamatkan pendidikan sarjananya di Teknik Sipil ITB dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) di Universitas Washington, AS - menjabat Komisaris Independen di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Terpilihnya Zulkifli menandai kali pertama PLN memiliki Direktur Utama definitif, pasca Sofyan Basir dijadikan tersangka oleh KPK dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1 pada 23 April 2019.

Baca juga : Sinyal Rudiantara Melemah, Zulkifli Zaini Kandidat Kuat Dirut PLN

Asal tahu saja, setelah Sofyan Basir jadi tersangka, PLN bolak-balik dipimpin oleh tiga Plt Dirut PLN.

Pertama, pada 24 April 2019, pemegang saham tertinggi PLN yakni Kementerian BUMN memutuskan mengangkat Muhamad Ali sebagai Plt Dirut PLN. Jabatan itu dirangkap, karena Ali merupakan Direktur Human Capital Management PLN.

Kedua, pada 29 Mei 2019 atau hanya berselang 2 hari setelah penahanan Sofyan Basir, Kementerian BUMN mengganti Plt Dirut PLN dari Muhamad Ali, menjadi Djoko Rahardjo Abumanan. Selain menjabat Plt Dirut, Djoko juga menjadi Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN. Bertukar posisi dengan Supangkat Iwan Santoso.

Baca juga : PLN Peduli Beri Harapan Baru ke Desa Andung Biru

Ketiga, Sripeni Inten Cahyani terpilih menjadi Plt Dirut PLN, menggantikan Djoko Rahardjo Abumanan pada 2 Agustus 2019. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.