Dark/Light Mode

Lestarikan Lingkungan, Bentoel Group Tanam 6.035 Pohon di Lombok Timur

Kamis, 16 Januari 2020 13:30 WIB
Bentoel Group bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah melakukan penghijauan di Lombok Timur. (Foto: Ist)
Bentoel Group bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah melakukan penghijauan di Lombok Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bentoel Group mengadakan kegiatan aforestasi dengan penanaman 6.035 pohon di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan aforestasi tersebut dilakukan di beberapa lokasi di Kabupaten Lombok Timur berdasarkan rekomendasi dari Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Rinjani Timur. Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan aforestasi tersebut antara lain berupa tanah kawasan hutan milik BKPH Rinjani Timur, tanah milik kelompok tani yang bekerja sama dengan BKPH, serta tanah milik petani mitra Bentoel Group.

Legal and External Affairs Director Bentoel Group, Mercy Francisca Hutahaean mengatakan, Bentoel Group secara rutin mengadakan kegiatan aforestasi setiap tahunnya. Keseluruhan pohon yang ditanam tahun ini berupa pohon buah-buahan, yakni pohon buah manggis, pohon lengkeng, pohon rambutan, pohon durian, pohon jambu, pohon nangka, pohon mangga, serta pohon alpukat. 

Baca juga : Istri Mau Lahiran, Menteri Lingkungan Hidup Jepang Cuti 2 Minggu

Pemilihan pohon buah-buahan tersebut diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar dan mencegah kemungkinan masyarakat menebang pohon tersebut untuk keperluan tertentu. “Kegiatan aforestasi yang telah kami selenggarakan sejak tahun 2006 ini merupakan wujud tanggung jawab sosial Bentoel Group untuk membantu pelestarian lingkungan di Lombok. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat dapat memperoleh manfaat ekologis dan ekonomis dari penanaman pohon tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan aforestasi ini merupakan salah satu bagian dari Program Tembakau Berkelanjutan atau Sustainable Tobacco Program (STP) di mana Bentoel Group telah menjalin kemitraan langsung dengan 1.226 petani di wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah. Melalui STP, Perusahaan ingin turut serta membantu pengembangan mitra petani melalui berbagai program pelatihan pertanian, serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan melestarikan hutan kita. Hutan sebagai paru-paru dunia telah menyediakan sumber air, oksigen, serta menjadi tempat hidup bagi jutaan flora dan fauna yang telah menjadi penyeimbang ekosistem dan mencegah pemanasan global,” ujar Mercy.

Baca juga : Berhasil Kelola Lingkungan, Pertagas Sabet Proper Emas Dari KLHK

Dalam kesempatan itu, Mercy juga mengatakan tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian penting di Nusa Tenggara Barat dan di Indonesia, oleh karena itu Bentoel Group mengharapkan adanya dukungan semua pihak untuk menjaga keberlangsungan industri tembakau. Perusahaan juga berharap agar pelaku industri dapat dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan yang terkait dengan industri tembakau yang saat ini mempekerjakan jutaan orang di seluruh Indonesia.

“Industri Hasil Tembakau (IHT) merupakan salah satu industri strategis di Indonesia yang telah berkontribusi besar pada pendapatan cukai negara dan penyediaan jutaan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, Perusahaan berharap agar pelaku industri dapat dilibatkan dalam proses diskusi tentang peraturan apapun yang terkait dengan IHT agar dapat menghasilkan solusi yang tepat bagi semua pihak,” tukasnya.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan, menanam pohon buah tujuannya bukan sekedar untuk memetik buahnya tapi juga penghijauan guna menyambung masa depan anak cucu generasi selanjutnya. “Ketika Lombok Timur dihijaukan, dampaknya juga akan dirasakan masyarakat Nusa Tenggara Barat. karena itu, masyarakat dan seluruh pihak diminta menjaga dan mendukung apa yang dilakukan oleh Bentoel Group,” ujarnya.

Baca juga : AP II Siapkan 10.000 Personil di 16 Bandara

Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy memberikan, penghargaan setinggi-tingginya kepada Bentoel Group yang melakukan penghijauan. “Kita harapkan, ke depan Bentoel Group juga melakukan penghijauan hingga di wilayah selatan Kabupaten Lombok Timur,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.