Dark/Light Mode

Bangun Kemitraan Lingkungan, Alumni Cenderawasih Puji Bos BNPB

Sabtu, 2 November 2019 13:29 WIB
Ketua Pelaksana Tanam Pohon, Paskalis Boma (Foto: Humas BNPB)
Ketua Pelaksana Tanam Pohon, Paskalis Boma (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni akademika Universitas Cenderawasih (Uncen) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sukses menggelar kegiatan lomba pembibitan dan penanaman pohon.

Kegiatan ini dalam rangka menyongsong perayaan Dies Natalis Uncen yang ke-57 di lingkungan Rektorat Uncen, Waena, Jayapura, Jumat (1/11). 

Penanaman pohon dengan tema "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita" itu sekaligus menjadi ajang reuni akbar bagi para lulusan Uncen dari berbagai lintas generasi.

Baca juga : Parindra Dukung Suhendra Jadi Kepala BIN

Ketua Panitia Pelaksana, Paskalis Boma mengatakan, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk merangsang para civitas akademika untuk turut serta menjaga dan melestarikan alam dan sekitarnya melalui gerakan penghijauan kembali lahan-lahan yang tandus dan gersang.

Sebanyak 1.200 orang yang terdiri dari kalangan alumni, mahasiswa aktif, dosen hingga karyawan turut serta menanam 1.000 pohon dari berbagai jenis tanaman endemik seperti matoa, pinang, anggrek dan sebagainya.

Suksesnya rangkaian acara tersebut, menurut Boma juga tak lepas daripada dukungan Kepala BNPB Doni Monardo kepada para alumni dan mahasiswa melalui langkah-langkah nyata yang selama ini telah dibuktikan dengan membangun kemitraan bersama warga papua, yang punya kekuatan, kemampuan dan kualitas SDM yang baik.

Baca juga : Selain Kentang, Modoinding Juga Bakal jadi Kawasan Bawang Putih

Selain itu, nama Doni Monardo pun memang selama ini telah melekat kuat di ingatan para warga Sentani. Tidak hanya kehadirannya di tengah bencana alam saja, seperti ketika banjir bandang melanda Sentani, tetapi jauh sebelumnya orang nomor satu di BNPB itu juga mendukung upaya universitas yang berdiri sejak tahun 1962 itu menjadi sekolah tinggi terbesar di tanah Papua.

"Kami berterima kasih kepada Letjen Doni Monardo yang sudah memberi perhatian khusus kepada Papua," kata Boma.

Setelah sukses dengan upaya pembibitan dan penanamam pohon yang dikemas rapi bersama kegiatan akademika, panitia juga akan membentuk ikatan alumni Uncen secara resmi dan menggelar kongres pada tanggal 6-9 November 2019. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.