Dark/Light Mode

Peduli Lingkungan, Pelindo lll Kucurin Dana Rp 2,4 M

Minggu, 6 Oktober 2019 06:05 WIB
Pelindo III menyalurkan dana hibah lingkungan. (Foto: ist)
Pelindo III menyalurkan dana hibah lingkungan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyalurkan dana hibah bina lingkungan kepada 141 objek terpilih di wilayah Jawa Timur dengan total nilai sebesar Rp 2,4 miliar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Pelindo III sebagai wujud pencapaian tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sosial di sekitar perusahaan.

Adapun rincian sektor dana hibah yang telah diberikan Pelindo III kepada masyarakat meliputi sektor pendidikan atau pelatihan senilai Rp925 juta, peningkatan kesehatan senilai Rp30 juta.

Baca juga : Anggaran Pertahanan Tahun Depan Naik Rp 10 Triliun

Kemudian sarana dan prasarana umum senilai Rp 367 juta, pelestarian lingkungan senilai 13 juta, serta sarana ibadah senilai Rp 1,1 miliar.

Direktur SDM Pelindo III, Toto Heli Yanto mengatakan dalam mejalankan bisnisnya perseroan tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga berkewajiban menjalakan Program Kemitraandan Bina Lingkungan (PKBL) sesuai dengan amanat undang-undang yang ada.

“Ini adalah upaya dan komitmen serius manajemen Pelindo III untuk peduli terhadap masyarakat sekitar, sehingga keberadaan perusahaan mampu dirasakan manfaatnya dengan begitu dukungan untuk kemajuan perusahaan akan semakinbesar,” ujar Toto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (6/10).

Baca juga : Renovasi Rumah Dinas Gubernur, Pemprov DKI Anggarkan Dana Rp 2 M

Sepanjang Januari hingga September 2019, Pelindo III telah menyalurkan dana bina lingkungan sebesar Rp 8,8 miliar kepada masyarakat.

“Kami berharap dana yang dihibahkan dapat langsung membawa manfaat bagi penerima dan mampu memberikan pengaruh pada penguatan kondisi sosial masyarakat di sekitar kami,serta kedepan semoga kami terus mampu memberikan bantuan ini yang lebih besar,” katanya.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Ardhy Wahyu Basuki menuturkan, untuk mendapatkan bantuan harus dilakukan survei terlebih dahulu, kemudian dari hasil survei lokasi, akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Baca juga : Bangun Desa Adat Mandiri, Pertamina Kucurkan Dana Rp 1,3 Miliar Untuk KEM Kolok Bengkala

“Total ada 141 objek penerima bantuan dana hibah bina lingkungan yang telah lolos dan memenuhi kriteria, tujuan diadakan survei adalah untuk memastikan bahwa objek tersebut layak untuk dibantusesuai dengan proposal yang diajukan, hal ini juga selaras dengan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) di Pelindo III,” jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.