Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kemenhub Tunjuk Pelindo lll Bangun Pelabuhan Di Labuan Bajo

Selasa, 21 Januari 2020 08:39 WIB
Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menjelaskan kepada Presiden Jokowi perkembangan pembangunan Pelabuha  Bajo di NTT, Selesa (21/1)
Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menjelaskan kepada Presiden Jokowi perkembangan pembangunan Pelabuha Bajo di NTT, Selesa (21/1)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III akan membangun pelabuhan multipurpose pertama di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan ekonomi dan kawasan wisata super prioritas di Indonesia timur.

Pelindo III ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan untuk membangun serta mengelola pelabuhan tersebut.

Baca juga : Pemakzulan Trump, Selingkuhan Clinton Ikutan Bikin Panas

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan dengan baik rencana pembangunan pelabuhan ini. Mulai dari segi kajian teknis hingga penyiapan akses, atau infrastruktur jalan dari dan menuju pelabuhan.

Menurutnya, Pelindo III akan menginvestasikan insfratruktur untuk kebutuhan bongkar muat kapal, baik curah cair maupun peti kemas. 

"Sejauh ini secara persiapannya sudah matang. Tahun ini, kami akan langsung melakukan pembangunan. Prediksinya, kapasitas pelabuhan ini bisa terus bertambah dari awalnya 4000 TEUs hingga mencapai 100.000 TEUs per tahun ke depannya," katanya, Selasa (21/1).

Baca juga : Pelindo lll Diganjar 7 Penghargaan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, pembangunan pelabuhan ini memang dirancang untuk meningkatkan ekonomi di Labuan Bajo.

Lokasi dipisahkan antara pelabuhan eksisting, pelabuhan penumpang dan cruise (pariwisata), dengan pelabuhan multipurpose yang akan dibangun ini.

"Ke depan, pelabuhan lama akan kami khususkan untuk penumpang dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo, sementara pelabuhan ini nanti akan khusus untuk logistik saja. Tempat ini juga ideal, dari bandara hanya 20 menit," jelasnya.

Baca juga : Telkomsel Tunjuk Setyanto Hantoro Jadi Dirut

Diketahui, presiden Jokowi melakukan kunjungan ke pelabuhan Bajo. Presiden didampingi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. 

Pelabuhan multipurpose Labuan Bajo, sendiri merupakan pelabuhan khusus logistik pertama di wilayah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang akan dilengkapi sejumlah fasilitas di antaranya dua dermaga utama yaitu dermaga multipurpose dan dermaga curah cair.

Selain itu, pelabuhan ini juga akan dilengkapi lapangan penumpukan peti kemas dan non petikemas hingga area perkantoran. Pelabuhan ini dipersiapkan untuk melayani kapal curah cair dan petikemas dengan bobot 5000-10.000 DWT dengan luas pelabuhan mencapai kurang lebih 6 hektare. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.