Dark/Light Mode

Calon Kuatnya, Irfan Setiaputra

Siang Ini, Nama Dirut Garuda Bakal Diketok Palu

Rabu, 22 Januari 2020 09:23 WIB
Irfan Setiaputra, calon kuat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: Humas Garuda)
Irfan Setiaputra, calon kuat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: Humas Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Spekulasi tentang siapa yang bakal menjabat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk  akan berakhir pada hari ini, Rabu (22/1). Namanya akan diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Berdasarkan agenda resmi yang diperoleh RMco.id dari Corporate Secretary Garuda Indonesia, RUPSLB tersebut akan digelar pukul 10.00-11.00, di Kantor Garuda City Center (GCC), Kompleks Bandara International Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Nama yang paling santer disebut bakal menjabat posisi Direktur Utama Garuda Indonesia adalah Irfan Setiaputra, mantan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI.

Baca juga : Mantan Dirut PT INTI Jadi Kandidat Dirut Garuda

Selain itu, juga ada tiga nama lain yang turut meramaikan bursa calon Direktur Utama Garuda Indonesia. Yakni Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Direktur Komersial Angkasa Pura I (Persero) Daan Achmad, dan Direktur Utama PT Citilink Indonesia Julaindra Nurtjahjo.

Soal ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah menyodorkan tiga nama calon bos maskapai pelat merah ke Presiden Jokowi.

Sementara, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga mengungkap, posisi Direktur Utama Garuda Indonesia kemungkinan bakal dijabat oleh kalangan eksternal perusahaan.

Baca juga : Pangandaran Gempa, Getaran Terasa Sampai Garut dan Tasikmalaya

"Yang pasti, orang yang tidak terkontaminasi dengan masalah-masalah di Garuda Indonesia," ujar Arya.

Meski begitu, ia enggan membocorkan tiga nama yang telah masuk pusaran calon kuat bos Garuda. Namun, Arya menyatakan, ketiga calon itu berasal dari kalangan bisnis maskapai, keuangan, serta manajemen dan keuangan.

Ketiganya dianggap memenuhi kriteria sebagai pemimpin yang dapat membereskan berbagai persoalan yang ada di manajemen saat ini. Tugas terberatnya, menyehatkan keuangan perseroan.

Baca juga : Malaysia Masters 2020 : Siang Ini, Enam Wakil Indonesia Berburu Tiket Semifinal

Direktur Utama Garuda Indonesia yang ditetapkan dalam RUPSLB hari ini, bakal menggantikan posisi bos sebelumnya, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara yang dipecat karena tersangkut kasus kargo gelap. Penyelundupan moge Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam penerbangan London-Jakarta.

Selain direktur utama, RUPSLB bakal menetapkan nama baru untuk posisi empat direktur lainnya. Yakni Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, Direktur Operasi, Direktur Human Capital, serta Direktur Teknik dan Layanan.

Posisi tersebut sebelumnya dijabat secara rangkap oleh Direktur Keuangan Garuda Fuad Rizal dan Direktur Niaga Pikri Ilham. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.