Dark/Light Mode

Kemenhub Pantau Mitigasi Maskapai Dalam Evakuasi WNI Dari Wuhan

Minggu, 2 Februari 2020 15:20 WIB
Kemenhub Pantau Mitigasi Maskapai Dalam Evakuasi WNI Dari Wuhan

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat yang telah kembali di Indonesia, setelah melakukan evakuasi warga negara Indonesia yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

"Kami akan mengawasi proses mitigasi pesawat agar bersih dari kuman virus Korona, " kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/02)

Adapun langkah-langkah mitigasi tersebut. Pertama, pesawat diparkir pada area yang berjauhan dengan pesawat yang lain (isolated area)

Baca juga : Pemerintah Berhasil Pulangkan 243 Orang Dari Wuhan

Kedua, pesawat dalam kondisi kosong (tanpa kru dan penumpang), hanya ada petugas yang akan melakukan kegiatan disinfeksi/dekontaminasi, dan petugas menggunakan alat pelindung diri lengkap.

Ketiga, bagian pesawat utama yang akan dilakukan disinfeksi adalah kabin dan kargo/bagasi. Keempat,setelah semua petugas dan peralatan disiapkan maka dilakukan kegiatan disinfeksi dengan menggunakan dry fogger yang  diisi dengan  bahan disinfektan khusus (netbiokem).

Kelima, butiran uap dari alat fogger tersebut diharapkan dapat melingkupi (cover) seluruh area yang ada dalam kabin dan bagian kargo. Keenam, setelah itu diamkan selama minimal 10 menit (contact time minimal)

Baca juga : Proses Evakuasi WNI Dari Wuhan Bukti NKRI Mampu Melindungi Warganya

Ketujuh, setelah contact time berakhir, maka pada area (tempat duduk) yang ditempati penumpang terjangkit atau terpapar dilakukan usapan dengan  menggunakan lap pendekontaminasi kering (fibertect) untuk memastikan bebas dari residu hama/kuman. Kedelapan, pada bagian permukaan luar pesawat dilakukan disinfeksi dengan penyemprotan (menggunakan sprayer).

Novie juga menyampaikan, bahwa bila semua prosedur dilaksanakan dengan baik, maka diharapkan pesawat sudah dianggap bebas dari kuman virus korona.

"Setelah pesawat dinyatakan bebas dari virus korona oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, barulah pesawat ditarik ke hanggar untuk dilakukan perawatan lebih lanjut ," kata Novie.

Baca juga : Menhub: Terima Kasih, Evakuasi WNI Dari Wuhan Berjalan Baik

Kemenhub akan terus bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan bahwa proses evakuasi berjalan dengan baik dan terus memastikan penerbangan yang selamat, aman dan nyaman. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.