Dark/Light Mode

Ini Alasan Pemerintah Pakai Pesawat Batik Air Evakuasi WNI Di Wuhan

Sabtu, 1 Februari 2020 16:16 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto:Rizky Syahputra/RM)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto:Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penentuan pesawat A330 milik Batik Air yang merupakan member Lion Air Group untuk evakuasi WNI di Wuhan, China, terkait virus Corona melalui diskusi yang panjang.

BKS-sapaan Budi Karya Sumadi-mengatakan, penerbangan ke Wuhan merupakan misi kemanusian dan Lion Air Group ditunjuk pemerintah karena China mensyaratkan pelaksana misi kemanusian haruslah operator yang memiliki ijin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan.

Baca juga : Retno Jadi Bintang

“Yang memilki ijin rute tersebut adalah Lion Air dan Sriwijaya, dan yang memiliki pesawat wide body adalah Lion Air melalui pesawat Batik Air,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (1/2).

Menurut eks Dirut Angkasa Pura II itu, pesawat tersebut akan membawa 245 WNI kembali ke Indonesia bersama operator dan tim kesehatan. Kemenhub akan mengawal penerbangannya sesuai peraturan ICAO dan perundangan berkaitan dgn safety dan security.

Baca juga : Cepat Evakuasi WNI Dari Wuhan

“Lead sector misi adalah Kemenlu dan Kemenkes, Kemenhub mensupport,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.