Dark/Light Mode

Ketemu Dubes China, Menteri Retno Bahas Rencana Evakuasi WNI Dari Hubei

Jumat, 31 Januari 2020 14:31 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, duduk berhadapan dengan Duta Besar China asal Indonesia Xiao Qian, Jumat (31/1). (Foto: Twitter @Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, duduk berhadapan dengan Duta Besar China asal Indonesia Xiao Qian, Jumat (31/1). (Foto: Twitter @Menlu_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian pada Jumat (31/1).

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membahas langkah-langkah terkait proses evakuasi WNI di Provinsi Hubei, China, menyusul maraknya wabah Wuhan coronavirus atau virus Corona Wuhan di wilayah tersebut.

Baca juga : Ini Dua Skenario Evakuasi WNI dari Wuhan...

Momen pertemuan ini diunggah Retno melalui akun Twitter @Menlu_RI, Jumat (31/1).

Retno yang di dalam foto tersebut duduk berhadapan dengan Dubes Xiao Qian serta mengenakan blouse warna putih, celana panjang hitam, dan scarf yang terlilit di leher menulis keterangan foto: "Had a meeting with Ambassador Xiao Qian of China to discuss the finalization for immediate evacuation of Indonesian citizens in the province of Hubei, China (31/01)," tulis Retno.

Baca juga : Jokowi Instruksikan Segera Evakuasi WNI di Hubei

Terkait rencana evakuasi WNI dari Wuhan, Presiden Jokowi melalui Juru Bicara Fadjroel Rachman telah memerintahkan Panglima TNI Marsekali Hadi Tjahjanto untuk mengirim prajuritnya. Menjemput WNI di kota yang menjadi pusat penyebaran virua Corona jenis baru. Jumlah WNI di sana ada 243 orang.

Sejak pertama kali terdeteksi pada akhir Desember 2019, virus Corona Wuhan telah menginfeksi 9.692 warga China daratan, yang berakhir dengan 213 kasus kematian.

Baca juga : Pemerintah Matangkan Opsi Evakuasi WNI Dari Wuhan

Secara global, virus yang telah menjalar ke 22 negara ini sudah menjangkiti 9.816 orang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.