Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengiriman Barang dari dan ke China Masih Normal, Hewan Hidup Disetop

Rabu, 5 Februari 2020 14:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, pengiriman barang atau kargo dari dan ke China, baik melalui pelabuhan maupun bandara, akan tetap berjalan seperti biasa. Sementara, pengiriman hewan hidup (life animal) dari China yang dihentikan sementara.      

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan, mengatakan, langkah ini diambil berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. "Pemerintah memutuskan bahwa pengiriman kargo dari China tetap berjalan seperti biasa, yang dihentikan sementara adalah pengiriman hewan hidup," katanya, di Jakarta, Rabu (5/2).      

Baca juga : China Ngambek

Hengki menjelaskan, alasan tidak dihentikannya pengiriman kargo dari China karena belum ada temuan penularan virus corona melalui barang atau kargo. Selain itu, World Health Organization (WHO) pun belum memberikan imbauan terkait penghentian aktivitas kargo tersebut.

Terkait dengan penghentian pengiriman hewan hidup dari China tetap dilakukan. Sebab, diketahui penularan virus corona selain ditularkan dari manusia ke manusia juga dapat ditularkan dari hewan hidup.  

Baca juga : Penundaan Penerbangan dari dan ke China untuk Lindungi Masyarakat dari Corona

Hengki menuturkan, detail pengaturan penghentian pengiriman hewan hidup dari China ke bandara ataupun pelabuhan di Indonesia akan dibuat oleh Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Perhubungan Laut.       

Ada pun terkait dengan pengaturan terhadap pengiriman produk holtikultura seperti bawang dan buah-buahan ataupun produk makanan lainnya dari China, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kesehatan untuk penanganannya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.