Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandar dan Labuh Kapal Makin Cepat, Layanan Operasi Kapal di Pelabuhan Makin Mantap

Sabtu, 8 Februari 2020 11:31 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu operator pelabuhan yang menaungi 43 pelabuhan di tujuh provinsi, PT Pelindo III (Persero) memiliki tantangan untuk bisa terus memberikan layanan optimal kepada para para pengguna jasanya.

Mulai dari kemudahan koordinasi, hingga efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat di pelabuhan.

Mengantisipasi hal tersebut, Pelindo III melakukan penyempurnaan pelayanan. Terutama, dalam hal dukungan teknologi. Dalam hal ini, Pelindo III menghadirkan terobosan berupa aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA.

 

Foto: Humas Pelindo III

Baca juga : Kemenhub Perketat Jalur Laut, Kapal Dari China Yang Akan Berlabuh Wajib Dikarantina

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara cepat dan tepat. Sesuai standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Terkait hal ini, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA diluncurkan untuk membuat standarisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan, di wilayah kerja Pelindo III. Sehingga, proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa menjadi lebih mudah.

Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar, hingga bongkar muat kapal. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti Planner Modul, yang berfungsi untuk menyimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) dapat melakukan perencanaan plotting tambatan dan penjadwalan kapal yang akan digantikan, serta real time monitoring untuk mengontrol kegiatan secara langsung, dengan data real time yang ada di dalam VASA.

"Aplikasi VASA kita sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS barang dan petikemas, serta portal customer yang telah beroperasi sebelumnya. Sehingga, memudahkan pengguna jasa untuk melakukan perencanaan atau planner panjang masa tambat kapal. Selain itu,VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP. Sehingga, laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing,” jelas Doso Agung.

Baca juga : Pelindo III Klaim Pelayanan Sandar Pelabuhan Makin Cepat

“Yang juga member manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan Automatic Identification System (AIS). Sehingga, kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan,” tambahnya.

PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar, hingga bongkar muat.

Dengan VASA, hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya melalui ponsel.

“VASA lebih memudahkan kita sebagai pengguna jasa di Pelindo III. Semua rencana dan monitoring kegiatan sandar dan bongkar muat bisa kita lakukan di mana saja. Cukup menggunakan smartphone. Ini membuat waktu dan tenaga kami menjadi lebih efisien. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah, karena semua dilakukan dengan menggunakan sistem,” kata Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya.

Baca juga : BPBD Manggarai Barat: Kapal Phinisi Wartawan Istana Tenggelam Karena Gelombang Tinggi

“Segala inovasi teknologi yang dilakukan Pelindo III, merupakan bagian dari upaya perusahaan, agar terus relevan pada perkembangan teknologi industri 4.0 yang menuntut segala macam pelayanan serba cepat, efisien, fleksibel, dan berbasis teknologi," papar Doso.

Selain itu, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III, dalam membangun sistem pelayanan yang baik, dengan database yang mumpuni.

"Sehingga, Pelindo III siap menjadi yang terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia,” pungkas Doso Agung. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.