Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

9 Bandara AP II Sabet 30 Penghargaan ACI, Soetta Raih Most Improved Airport in Asia Pasific

Selasa, 10 Maret 2020 21:46 WIB
9 Bandara AP II Sabet 30 Penghargaan ACI, Soetta Raih Most Improved Airport in Asia Pasific

RM.id  Rakyat Merdeka - Airport Council International (ACI) menganugerahi total 30 penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards kepada sembilan bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II). Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada bandara PT Angkasa Pura II yang mampu memberikan customer experience terbaik berdasarkan pendapat dari penumpang pesawat di masing-masing bandara itu. 

Pendapat dari penumpang tersebut diperoleh melalui proses survei ASQ di 380 bandara yang ada di 90 negara dan melibatkan 8,8 juta penumpang.       

Bandara yang berhasil penghargaan adalah Depati Amir, Raja Haji Fisabilillah, Silangit, Husein Sastranegara, Sultan Mahmud Badaruddin II, Sultan Syarif Kasim II, Supadio, Halim Perdanakusuma, dan Soekarno-Hatta (Soetta).

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan ACI ini merupakan bentuk kepercayaan global terhadap kemampuan bandara-bandara nasional dalam menghadirkan standar pelayanan tinggi kepada para penumpang pesawat. 

“Level pelayanan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II selalu meningkat setiap tahun sehingga mampu mempertahankan berbagai penghargaan dari ACI. Tahun lalu kami meraih 22 penghargaan untuk 6 bandara dan pada tahun ini bertambah menjadi 30 penghargaan untuk 9 bandara, termasuk satu-satunya penghargaan Most Improved Airport in Asia Pasific yang berhasil diraih oleh Soekarno-Hatta,” ucap Awaluddin, Selasa (10/3).

Baca juga : 3 UPT Ditjen PKH Sabet Penghargaan Zona Integritas Bebas Korupsi

“Keberhasilan Soekarno-Hatta tidak lepas dari berbagai pengembangan yang dilakukan. Pelayanan di Terminal 3 semakin baik dalam melayani penerbangan rute domestik dan internasional, lalu sejak 2019 juga sudah dioperasikan terminal khusus LCC yaitu Terminal 2F. Tidak lupa di Soekarno-Hatta juga terdapat kereta bandara sebagai transportasi publik, serta Skytrain yang menjadi moda utama perpindahan antarterminal,” jelas Awaluddin. 

Selain itu, Soekarno-Hatta dipilih sebagai pilot project berbagai pengembangan teknologi informasi guna mendukung operasional dan pelayanan seperti misalnya Airport Operation Control Center, Terminal Operation Center, iPerform Apps, Self Boarding Gate, Autogate dan E-ticket di shelter bus, self check-in kiosk dan self baggage drop, iMATE Lounge, Airsport Arena, Digital Droid, hingga juga menjadi tempat beroperasinya pertama kali taksi listrik Blue Bird dan GrabCar Elektrik. 

“Pengembangan infrastruktur dan digital meningkatkan efektifitas operasional dan pelayanan sehingga Soekarno-Hatta pantas menyandang gelar sebagai Most Imroved Airport in Asia Pasific,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Director General ACI World Angela Gittens mengatakan, program ASQ Award merupakan penghargaan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia. “Airport Service Quality Awards merepresentasikan pengakuan tertinggi bagi pengelola bandara di seluruh dunia dan mengakui keunggulan dalam customer experience,” ujar Angela Gittens.

Berikut secara lengkap penghargaan-penghargaan ASQ dari ACI yang berhasil diraih 9 bandara PT Angkasa Pura II:

Baca juga : Pelindo IV Sabet Penghargaan Operator Pelabuhan Terpercaya

1.  Soekarno-Hatta: Most Improved Airport in Asia Pasific

2. Depati Amir, Pangkalpinang (kategori 2 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambience 
• Best customer service 
• Best infrastructure & Facility

3. Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang (kategori 2 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambience
• Best Customer Service
• Best Infrastructure & Facility

4. Silangit, Tapanuli Utara (kategori 2 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambiance
• Best Customer Service
• Best Infrastructure & Facility

5. Husein Sastranegara, Bandung, (kategori 2-5 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Customer Service

Baca juga : Mantap, KAI Raih Penghargaan Contact Center World 2019

6. Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang (kategori 2-5 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambience
• Best Customer Service
• Best Infrastructure & Facility

7. Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru (kategori 2-5 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambience
• Best Customer Service 
• Best Infrastructure & Facility

8. Supadio, Pontinak (kategori 2-5 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambiance
• Best Customer Service
• Best Infrastructure & Facility

9. Halim Perdanakusuma, Jakarta (kategori 5-15 juta penumpang)
• Best Airport by Size & Region
• Best Environment & Ambiance
• Best Customer Service
• Best Infrastructure & Facility. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.