Dark/Light Mode

Januari-Februari

Toyota Kantongi Penjualan 49.172 Mobil 

Kamis, 19 Maret 2020 14:22 WIB
Toyota Avanza. (Foto: ist)
Toyota Avanza. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mencatat kinerja penjualan secara positif di tengah situasi pasar otomotif nasional yang mengalami penurunan di 2020 ini. Di periode Januari–Februari, Toyota membukukan penjualan whole sales 49.172 unit, meningkat 1,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Bahkan pada Februari penjualan mobil Toyota mencapai 25.053 unit. Jumlah ini tumbuh sebesar 6,9 persen dibandingkan Februari 2019.

Baca juga : Bank Mega Kantongi Laba Rp 2,5 Triliun

“Kami bersyukur atas pencapaian Toyota di tahun 2020 ini. Kami selalu berupaya untuk menghadirkan ever better melalui produk – produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto di Jakarta, Kamis (19/3).

Sebagian besar dari capaian tersebut berasal dari penjualan di segmen MPV. Penjualan di segmen ini meningkat secara signifikan yaitu 7,4 persen dari 29.368 unit pada periode Januari-Februari 2019 menjadi 31.546 unit pada 2020 di periode yang sama. Peningkatan ini kian memperkuat posisi Toyota di segmen ini dengan pangsa pasar mencapai 50,6 persen, naik dibanding periode yang sama sebelumnya dengan pangsa pasar 45,3 persen.

Baca juga : Ranking FIFA Februari 2020: Indonesia Dibayangi Malaysia

Toyota Avanza tetap menjadi kontributor terbesar terhadap penjualan segmen MPV maupun penjualan Toyota secara keseluruhan. Angka penjualan mobil ini sepanjang Januari-Februari 2020 mencapai 13.682 unit, naik signifikan yaitu 21,5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang membukukan 11.263 unit. Kinerja tersebut juga telah mendorong pangsa pasar Avanza meningkat dari 29,6 perse. di periode Januari-Februari 2019 menjadi 38 persen di periode yang sama pada 2020.

Pertumbuhan pasar yang signifikan juga dicapai oleh Calya di segmen entry MPV dimana selama periode Januari-Februari 2020 membukukan penjualan 8.224 unit atau naik 10,3 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 sebesar 7.457 unit. Capaian ini juga kian memperkuat pangsa pasar Calya dari 46,7 persen di periode Januari-Februari 2019 menjadi 50,0 persen di 2020.

Baca juga : Ikut Pameran Ambiente, 8 IKM Kantongi Penjualan Rp 21 Miliar

Di segmen medium MPV, kinerja penjualan Toyota Kijang Innova membukukan penjualan 4.593 unit pada Februari 2020 atau naik 7,8 persen dibandingkan bulan yang sama pada 2019 dengan penjualan 4.260 unit. Toyota Kijang Innova juga membukukan pangsa pasar 98,2 persen di Februari 2020.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy berharap, dengan berbagai capaian Toyota sepanjang dua bulan pertama tahun ini akan memberikan kontribusi positif terhadap dinamika pasar otomotif nasional. “Semoga situasi dan kondisi yang penuh tantangan saat ini baik di tataran global maupun nasional bisa segera membaik, sehingga kinerja perekonomian ke depan, termasuk di sektor otomotif, bisa lebih baik,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.