Dark/Light Mode

Lawan Corona, Citilink Semprot Desinfeksi 60 Pesawatnya

Senin, 23 Maret 2020 11:56 WIB
Citilink melakukan desinfeksi terhadap seluruh armadanya hindari corona.
Citilink melakukan desinfeksi terhadap seluruh armadanya hindari corona.

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Citilink bergerak cepat mencegah wabah corona. Anak usaha bisnis Garuda Indonesia telah melakukan desinfeksi terhadap seluruh armada pesawatnya, sejak 31 Januari. 

Desinfeksi akan terus dilakukan secara berkala dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. 

"Proses desinfeksi dilakukan di area kokpit dan kabin, serta area kargo untuk memastikan aspek kebersihan pada pesawat. Sehingga ruangan selalu berada dalam kondisi higienis saat penumpang melakukan perjalanan dengan pesawat Citilink,” kata Direktur Utama Citilink, Juliandra di Cengkareng, Senin (23/03). 

Baca juga : Cegah Corona, Bapenda DKI Semprot Disinfektan di Kantor Samsat

Juliandra menjelaskan, bahwa desinfeksi dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan, khusus di area pesawat sesuai dengan standar operasional dan prosedur yang berlaku. 

Adapun Citilink melakukan desinfeksi secara reguler terhadap seluruh armadanya yang berjumlah 60 pesawat yang terdiri dari 51 unit Airbus A320, 2 unit Airbus A330-900 NEO, dan 7 unit ATR 72-600. 

Selain desinfeksi, Citilink juga melakukan berbagai langkah antisipatif dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, termasuk diantaranya memastikan penggunaan filter HEPA (High Efficiency Particulate Arrestors).

Baca juga : Tak Mau Ada Penyebaran Corona, Munas PERADI Diundur 2 Pekan

Yaitu, alat penyaring sirkulasi udara pesawat di seluruh armadanya yang memiliki kemampuan untuk menyaring debu dan kontaminan udara tingkat tinggi. 

Citilink juga menyediakan cairan pembersih tangan pada area kerja Citilink, baik di dalam pesawat maupun di darat (customer service office dan boarding gate), memasang banner tentang panduan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di area kerja Citilink, melakukan penyuluhan dan edukasi pembekalan kepada pegawai dalam menangani penumpang. 

Citilink akan terus melakukan upaya-upaya preventif lainnya sebagai bentuk keseriusan Citilink dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dan juga memberikan kenyamanan bagi penumpang.  

Baca juga : Sriwijaya Air Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Di Dalam Pesawat

Sebelumnya, Citilink telah menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju negara China untuk mengantisipasi virus corona masuk ke Tanah Air. Penumpang yang penerbangannya terdampak terkait penghentian penerbangan itu, juga dapat melakukan refund atau pengembalian uang tiket. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.