Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bank Mandiri Bakal Relaksasi Kredit Pelaku UMKM

Selasa, 24 Maret 2020 18:55 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Foto: net)
Ilustrasi Bank Mandiri. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bakal menerapkan kebijakan khusus berupa relaksasi dalam pembayaran angsuran, maupun perpanjangan jangka waktu pinjaman bagi pelaku UMKM yang terdampak corona (Covid-19), termasuk penyesuaian suku bunga.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, penerapan kebijakan ini akan dilakukan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian bank, serta mengacu pada kebijakan OJK mengenai Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Covid-19.

Bank Mandiri sendiri memiliki portofolio kredit segmen UMKM sebesar Rp 103 triliun pada Februari 2020, atau tumbuh 10,9 persen dari periode yang sama tahun lalu. "Kami menyadari saat ini kondisi bisnis pelaku UMKM sedang menghadapi masa sulit karena terdampak virus Covid-19. Untuk itu, kami berusaha mencari solusi untuk memastikan debitur UMKM kami bisa melalui masa yang sangat sulit ini," jelas Hery di Jakarta, Selasa (24/3).

Baca juga : Kapolri Bakal Tindak Tegas Pembuat Keramaian

Ia menuturkan, beberapa solusi yang disiapkan untuk eksisting debitor antara lain, menyiapkan relaksasi proses restrukturisasi kredit, salah satunya dengan melakukan restrukturisasi lebih awal kepada debitor yang membutuhkan. Kemudian, mempermudah perpanjangan masa laku fasilitas kredit dengan pemberian keringanan biaya provisi dan administrasi. 

Komitmen Bank Mandiri terhadap sektor UMKM, lanjut Hery, sangat kuat. Terlebih, UMKM saat ini merupakan sektor utama yang akan didorong sebagai motor pertumbuhan dana dan kredit Bank Mandiri dalam lima tahun ke depan.

Komitmen itu, kata dia, terlihat dari kebijakan Bank Mandiri untuk terus melakukan perbaikan proses kredit dan tools untuk pemrosesan kredit agar lebih cepat dan lebih mudah, serta melakukan penguatan kompetensi SDM, salah satunya melalui mekanisme profiling.

Baca juga : Dampak Corona, Bank Mandiri Beri Keringanan Kredit Bagi UMKM

Untuk kemudahan proses, pemberian kredit baru maupun tambahan atas fasilitas kredit UMKM saat ini dapat menggunakan sarana elektronik. Selain itu, penambahan fasilitas kredit sampai dengan 20 persen akan dipermudah dan tanpa menambah agunan untuk debitor UMKM yang selama ini menunjukkan komitmen yang baik, terutama untuk debitor segmen mikro. 

"Kami juga memanfaatkan competitive advantage Bank Mandiri pada segmen wholesale, di mana kami memberikan layanan khusus bagi debitor UMKM yang menjadi value chain nasabah wholesale. Benefit dari value chain tersebut antara lain suku bunga yang lebih ringan, keringanan dalam penyediaan agunan fixed asset, dan proses yg lebih mudah," imbuhnya.

Kebijakan lain, sambung Hery adalah, melalui upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan UMKM dengan menjadikan area dan kantor cabang, menjadi kepanjangan tangan dalam pemrosesan kredit, serta menciptakan Pusat Layanan UKM atau SME Solution Center di cluster atau kawasan yang potensial.

Baca juga : Wakil Ketua DPR: Industrialisasi Garam Perlu Didorong

Sebanyak 2.800 cabang Bank Mandiri juga telah disiapkan dengan SDM dan Infrastruktur berbasis teknologi terkini untuk melayani kebutuhan pengelolaan dana, transaksi perbankan dan kebutuhan kredit dari nasabah UMKM.

Berbagai pendekatan tersebut, menurut Hery, akan dieksekusi secara bertahap dan dikombinasikan dengan strategi jemput bola melalui pelaksanaan event-event tertentu yang melibatkan pelaku UMKM. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.