Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wabah Corona Tak Kurangi Semangat Petani Panen Padi

Kamis, 26 Maret 2020 17:50 WIB
Padi siap panen. (Foto: Humas Kementan)
Padi siap panen. (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Adanya Virus Corona atau Covid-19 tidak mengurangi semangat petani di Jambi untuk tetap giat turun ke sawah memanen padi yang kni sudah memasuki puncak panen raya. Harapan petani semoga wabah ini cepat berlalu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan beberapa komoditas memasuki hari besar keagamaan yakni Puasa dan Lebaran.

Salah satu lokasi panen di Jambi adalah di Kabupaten Sarolangun. Tepatnya di Desa Ujung Tanjung dan Desa Tinting. Siti Anita, PPL desa setempat mengatakan, panen tahun ini memberikan hasil cukup baik, terutama untuk varietas padi gogo lokal dengan ubinan 2,5 ton per hektar atau sama dengan rata-rata produktivitas nasional. "Tingkat serangan hama cukup tinggi karena dekat dengan kebun petani, serta terkendala dengan air saat tanaman memasuki masa pertumbuhektarn, tapi hasilnya masih cukup baik," kata Siti.

Baca juga : Dampak Corona, Bantuan Pangan Jadi Rp 200 Ribu

Varietas padi gogo yang ditanam adalah varietas lokal. Di antaranya, pulut, segon, kabut, Seni, Karang Bungo, Silang dan Kuning. Luas pertanaman padi gogo di lokasi panen seluas 135 hektar.

Lokasi panen lainnya di Jambi adalah Desa Rawa Medang, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ini merupakan lahan irigasi, dengan luasan lebih kurang 900 hektar, juga melaksanakan panen dengan menggunakan alat power thraser dan combain harvester. Hasil ubinan sekitar 5,5-6 ton GKG per hektar.

Baca juga : Di Tengah Wabah Corona, PGN Tetap Layani Pelanggan Jargas

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan meminta agar produksi pertanian tetap berjalan bahkan digenjot hingga berlipat-lipat. Apalagi, sektor ini memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

"Adanya musibah wabah virus Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor," katanya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.