Dark/Light Mode

Cegah Covid-19

Seluruh Bandara AP II Operasikan Disinfectant Chambers ke Bagasi Tercatat, Trolley, dan Nampan X-ray

Minggu, 5 April 2020 22:16 WIB
Titik disinfeksi di area conveyor belt Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Humas AP II)
Titik disinfeksi di area conveyor belt Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan mesin otomatis penyemprot cairan disinfektan (disinfectant chambers) ke bagasi tercatat, trolley di terminal penumpang pesawat, serta nampan di pemeriksaan security check point.

Bagasi tercatat dimaksud adalah tas, koper, atau barang bawaan lain milik penumpang yang dimasukkan ke lambung pesawat.

Setelah diturunkan dari pesawat, bagasi tersebut diletakkan di conveyor belt di break down area, untuk melewati disinfectant chamber. Kemudian, dengan conveyor belt yang sama, bagasi menuju area pengambilan bagasi (baggage claim) di terminal penumpang.

Di dalam terminal penumpang, disinfectant chamber didesain sedemikian rupa agar petugas dapat memasukkan trolley guna dilakukan pembersihan terhadap virus-virus.

Baca juga : Cegah Covid-19, Pemkot Bekasi Semprot Disinfektan Jalan Protokol dan Ruang Publik

Disinfectant chamber juga digunakan untuk membersihkan nampan yang menjadi wadah barang bawaan penumpang untuk masuk ke mesin x-ray, ketika menjalani pemeriksaan di security check point 1 dan 2 (SCP 1 dan 2).

VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, pengoperasian mesin otomatis disinfectant chamber ini merupakan salah satu inovasi dan upaya perseroan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Penyemprotan dengan cairan disinfektan diharapkan mampu membersihkan atau menghilangkan virus di bagasi tercatat, trolley dan nampan x-ray. Kami tetap mengkampanyekan untuk selalu mencuci tangan, setelah menyentuh setiap barang. Karena cara paling efektif adala lh mencuci tangan dengan benar," papar Yado.

Disinfectant chamber ini dulunya dipakai untuk traveler dan pekerja bandara. Saat ini, seluruhnya dialihkan khusus untuk penyemprotan ke bagasi, trolley, dan nampan x-ray.

Baca juga : Bendung Covid-19, Rusia Serahkan Bantuan ke RS Persahabatan dan Warga Jabar

“Seperti kita ketahui, bilik disinfektan bagi manusia kini tidak disarankan oleh WHO, dan bahkan dilarang Kementerian Kesehatan. Sejalan dengan itu, PT Angkasa Pura II berinovasi untuk mengalihkan seluruh penggunaannya menjadi khusus untuk penyemprotan disinfektan ke bagasi, trolley dan nampan x-ray. Kami berharap, inovasi ini dapat menjaga kenyamanan dan ketenangan penumpang pesawat,” ujar Yado.

Selain penyemprotan disinfektan ke bagasi tercatat, PT Angkasa Pura II secara rutin juga melakukan penyemprotan di area terminal penumpang pesawat, area publik, area perkantoran, transportasi publik dan sisi udara di bandara-bandara yang dikelola perseroan.

Penyemprotan dilakukan oleh petugas sprayer, menggunakan cairan disinfektan yang mampu membersihkan virus dari benda mati.

“Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di seluruh area di 19 bandara PT Angkasa Pura II, termasuk ke titik-titik atau benda yang mungkin sering dipegang oleh traveler atau pengunjung bandara. Mohon doa dan dukungan masyarakat, agar upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini berjalan lancar,” tutur Yado.

Baca juga : AP II Sediakan Fasilitas Walk Through Disinfection Bagi Penumpang dan Pekerja Bandara

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Bandara-bandara tersebut adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang). Kemudian Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasional Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang) dan Tjilik Riwut (Palangkaraya). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.