Dark/Light Mode

Di Masa Pandemi Corona

Pertamina Lubricants Jaga Kesehatan Karyawan

Selasa, 7 April 2020 19:52 WIB
PT Pertamina Lubricants menyediakan wastafel untuk para ojek online.  Foto: Humas PT Pertamina Lubricants
PT Pertamina Lubricants menyediakan wastafel untuk para ojek online. Foto: Humas PT Pertamina Lubricants

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen menjalankan protokol dan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Caranya, dengan  mengkampanyekan budaya pola hidup bersih dan sehat di seluruh proses bisnis. Mulai dari lini produksi, distribusi, dan pemasaran hingga menjalankan komunikasi ke konsumen dan masyarakat umum.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina Lubricants  Ageng Giriyono, semua sektor bisnis dan lapisan masyarakat pasti merasakan dampak yang luar biasa akibat wabah corona.

Meski begitu, Ageng yakin, semua pihak dapat melakukan perannya untuk menghentikan penyebaran virus ini. Termasuk Pertamina Lubricants.

Baca juga : Menteri Erick Tinjau Kesiapan RSPJ Menjadi RS Rujukan Covid-19

Bagi Ageng, keselamatan, dan kesehatan kerja menjadi prioritas utama perusahaan di tengah pandemi ini. Sejak Pemerintah mengumumkan status darurat terkait wabah Covid-19, Pertamina Lubricants telah melakukan sejumlah langkah ekstra. 

Di antaranya, meminta karyawan kerja di rumah (work from home). Karyawan yang bekerja di kantor hanya untuk yang pekerjaannya kritikal. Selain itu Pertamina Lubricants juga menyediakan call center 24 jam sehari untuk penanganan Covid-19, kampanye internal pencegahan Covid-19, pengukuran indoor air quality, thermal scanner untuk pekerja dan tamu, penyediaan masker dan handsanitizer, extra fooding dan pemberian Vitamin C, penyemprotan disinfektan, serta pembersihan rutin di pabrik, gudang, outlet, dan wilayah operasi lainnya.

Selain itu, seluruh distributor dan salesforce nasional di rantai penjualan pelumas Pertamina juga diimbau menerapakan social dan physical distancing dalam menjalankan berbagai kegiatan sales & marketing.

Baca juga : Perangi Covid-19, Pertamina Salurkan Ratusan APD dan Alat Kesehatan ke Beberapa RS di Sumsel

Serta tidak lupa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kerja dan gudang penyimpanan pelumas sebagai langkah menjaga higienitas  sebelum melakukan pengiriman barang ke konsumen atau outlet.

Menurut Ageng Giriyono, upaya ini dilakukan agar Pertamina Lubricants dapat terus bekerja dengan optimal dan menjamin ketersediaan produk pelumas dan kelancaran pelayanan kepada konsumen. Baik untuk sektor industri maupun otomotif, domestik dan overseas.

Ditambahkan Ageng, salah satu langkah efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan rajin dan benar.

Baca juga : Ambulans Siaga Bantuan Pertamina Bermanfaat dalam Tanggap Darurat Covid-19

Secara nasional, Pertamina Lubricants menyediakan lebih dari 15 wastafel tambahan di tiga pabrik pelumas, depot supply point (gudang penyimpanan pelumas) dan di wilayah ring 1 perusahaan seperti Polsek. Wastafel ini disediakan dengan tujuan agar seluruh pekerja bisa mencuci tangan di mana pun dan kapan pun agar terjaga dari bakteri, virus dan kuman saat jam operasional sehingga produk pelumas Pertamina juga terjamin higienitasnya. 

Sedang untuk masyarakat, Pertamina Lubricants telah menghadirkan lebih dari 50 wastafel portable di berbagai tempat umum yang tersebar di seluruh Indonesia. Antara lain di lounge/tempat rehat untuk para drivers ojek online, puskesmas, bengkel Olimart dan Enduro Express Pertamina Lubricants, terminal / stasiun, SPBU Pertamina, perkantoran, dan tempat ibadah.

Selain itu, Pertamina Lubricants juga telah menyalurkan 14 alat disinfektan di Jakarta untuk Kelurahan Koja dan Tugu Selatan Jakarta Utara dan 5 alat disinfektan di Cilacap. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.