Dark/Light Mode

Penjualan Ritel Februari Turun, Maret Bakal Lebih Anjlok

Rabu, 8 April 2020 11:29 WIB
Ilustrasi penjualan eceran (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Ilustrasi penjualan eceran (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Penjualan Eceran mengindikasikan penurunan penjualan eceran pada Februari 2020. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2020, yang turun 0,8 persen (yoy).

Penurunan ini lebih dalam dibanding penurunan pada Januari 2020, yang hanya 0,3 persen (yoy).

Baca juga : Maksain Mudik Bakal Disanksi

Bank Indonesia (BI) menyebut, penurunan penjualan eceran tersebut disebabkan oleh turunnya penjualan kelompok barang lainnya. Khususnya, sub kelompok Sandang serta kelompok Barang Budaya dan Rekreasi.

"Penjualan eceran diprakirakan turun lebih dalam pada Maret 2020. Hal ini tercermin dari prakiraan pertumbuhan IPR Maret 2020 sebesar -5,4 persen (yoy)," demikian keterangan resmi BI, Rabu (8/4).

Baca juga : Indeks Penjualan Riil Januari Turun

Dijelaskan, kontraksi penjualan terjadi pada seluruh kelompok komoditas yang disurvei. Terutama, pada sub kelompok komoditas Sandang sebesar 45,9 persen (yoy). Lebih dalam dari -40,4 persen (yoy) pada Februari 2020.

"Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran meningkat dalam tiga bulan mendatang (Mei 2020). Namun, angka tersebut berpotensi turun dalam enam bulan mendatang (Agustus 2020)," jelas BI.

Baca juga : Penjualan Mobil Grup Astra Turun

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 173,0 (Mei 2020). Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan 165,5 pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, IEH 6 bulan yang akan datang sebesar 153,7, (Agustus 2020), lebih rendah dari 161,8 pada bulan sebelumnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.