Dark/Light Mode

Rangkaian Literasi Pranikah Kemenpora Berakhir di Depok

Rabu, 1 Januari 2020 12:37 WIB
Kegiatan Literasi pranikah Kemenpora di Depok, Jawa Barat. (Foto : Kemenpora)
Kegiatan Literasi pranikah Kemenpora di Depok, Jawa Barat. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) yang sudah digelar di 12 kota berakhir di Kota Depok.

Acara pamungkas PKPRT yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) ditutup dengan kegiatan terakhir PKPRT, Peningkatan Kesehatan Reproduksi bagi Pemuda di Annahdlah Islamic Boarding School Depok, Selasa (31/12).

Baca juga : Gangguan Sinyal Di Stasiun Karawang Sudah Normal Lagi

"Jadikan acara seperti ini adalah wadah, kesempatan bagi kalian semua anak-anak millenial untuk belajar, belajar bagaimana memimpin dalam hidup.Terutama dalam keluarga kecil kalian kelak, sehingga kita siap dalam menghadapi kehidupan yang panjang setelah menikah dan jangan lupa untuk dishare kepada teman-teman kalian," kata Asisten Deputi Pengembangan Pemuda Abdul Rafur dalam rilisnya, Selasa (31/12).

 Sebelumnya, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh saat membuka seri perdana kegiatan ini di Jakarta mengingatkan bahwa berbagai Kasus yang menimpa masyarakat kita yang domainnya bersumber dari lemahnya kelompok terkecil dalam masyarakat yakni keluarga.

Baca juga : Kemenpora Perkuat Literasi Pranikah Untuk Pemuda NU Tasikmalaya

Mulai dari persoalan terlantarnya anak-anak, kenakalan remaja, perceraian, kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga merupakan berbagai bentuk yang salah satu penyumbangnya ialah persoalan ketahanan keluarga.

"Persoalan ketahanan keluarga salah satu sumbernya ialah pernikahan yang tidak didasari oleh kompetensi. Program ini diharapkan mampu menjawab salah satu isu penting, yaitu bagaimana kesiapan dan kemampuan anak muda dalam membina sebuah rumah tangga. Ini juga bagian dari komitmen Kemenpora untuk terus melayani anak muda lewat program inovatif dan aktual sekaligus mensukseskan prioritas utama Kabinet Indonesia Maju dalam pembangunan SDM," kata Niam.

Baca juga : Ajak Pelajar Islam Indonesia, Kemenpora Literasi Pranikah di Cirebon

Adapun materi yang disampaikan dalam setiap kegiatan meliputi Hukum Perkawinan, Perlindungan Anak dan Pengasuhan Berkualitas, Kesehatan Reproduksi dan Psikologi Remaja/Pemuda. Semua materi tersebut sudah dirangkum menjadi beberapa serial modul yang disusun bersama para ahli, akademisi dan praktisi. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.