Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Pagi Ini Rupiah Kembali Bertenaga

Jumat, 17 April 2020 10:25 WIB
Alhamdulillah, Pagi Ini Rupiah Kembali Bertenaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, rupiah kembali bertenaga. Di pasar spot, rupiah dilaporkan menguat sekitar 0,77 persen, di level Rp 15.480 per dolar AS.

Menguatnya nilai rupiah pada Jumat (17/4) ini, tak lepas dari optimisme para investor soal jumlah pasien sembuh Covid-19, yang diharapkan lebih tinggi dari angka kematian.

Kemarin, rupiah ditutup melemah 0,32 persen terhadap dolar AS di pasar spot. Tak cuma rupiah, sejumlah mata uang Asia pada Kamis (16/4) juga tak berdaya menghadapi dolar AS.

Baca juga : Alhamdulillah, 6 Pasien Di Jatim Sembuh Covid-19

Data Bloomberg menyebut, penguatan rupiah pada hari ini diikuti oleh mata uang Asia lainnya. Kecuali, rupee India dan dolar Hong Kong yang merosot, masing-masing minus 0,56 dan 0,01 persen.

Sementara ringgit Malaysia, menguat 0,5 persen. Kenaikan juga dialami won Korea dan baht Thailand, masing-masing sebesar 0,78 dan 0,58 persen.

Dari sentimen positif global, mood pelaku pasar semakin baik setelah adanya fenomena berkurangnya penyebaran Covid-19. Terutama, di AS.

Baca juga : Lockdown di China Berakhir, Jangkos Asal Sumut Kembali Berlayar

Data yang dirilis Pusat Pengendalian dan Penyakit AS (CDC) menyebut, pasien Covid-19 naik 4,49 persen. Namun, angka ini sudah lebih rendah dibanding data 8 April 2020, yang besarnya 4,56 persen.

Presiden AS Donald Trump menilai, lockdown di Negeri Paman Sam terlalu lama. Menurutnya, kebijakan tersebut justru menambah depresi ekonomi dsn ketakutan masyarakat. Karena itu, Trump berencana melonggarkan aturan tersebut.

"Kami tak lantas mencabut lockdown. Tapi selangkah demi selangkah," ucapnya dikutip dari Reuters.

Baca juga : Moratti : Selangkah Lagi Messi Pindah ke Inter Milan

Sentimen positif juga datang dari munculnya berita tentang kemajuan pembuatan obat virus Covid-19 oleh salah satu perusahaan AS, Gilead Sciences. Rupiah pun diramal bakal bergerak di antara Rp 15.450-Rp 15.700 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.