Dark/Light Mode

Petani Sawit Tolong Dibantu, Jangan Sampai Megap-megap Karena Corona

Senin, 27 April 2020 15:59 WIB
Petani Sawit Tolong Dibantu, Jangan Sampai Megap-megap Karena Corona

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani sawit di Indonesia kini menghadapi masa sulit di tengah pandemi Covid-19. Kondisi tersebut akan menjadi lebih parah, jika PKS (Pabrik Kelapa Sawit) yang menjadi tumpuan petani mengalami pembatasan operasional. Hingga terpaksa tutup.

Senior Advisor Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi) Rukaiyah Rafik memperkirakan, apabila dalam 4–6 bulan ke depan virus corona tak kunjung reda, ekspor kelapa sawit diyakini akan melambat, tangki penampungan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di PKS akan penuh.

Baca juga : MPR Mendukung Penuh, Larangan Mudik Diharapkan Efektif Cegah Penularan Covid-19

Yang paling buruk, PKS akan tutup. Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan pelaku industri kelapa sawit kehilangan mata pencahariannya. Mulai dari petani, hingga PKS.

"Saya dapat informasi dari teman-teman RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), ada 2 pabrik di Kalimantan Tengah yang sudah tutup. Saya tidak tahu apa saja. Tapi ini tantangan terberat, kalau penyebaran Covid-19 tidak berhenti," papar Rukaiyah.

Baca juga : Erdogan Batasi Oposisi Turki Bantu Penanganan Corona

Menurutnya, pemerintah harus turun tangan mengantisipasi hal-hal tersebut.

Rukaiyah mencontohkan, Pemda Kalimantan Timur (Kaltim) yang sudah memberi instruksi kepada pabrik-pabrik kelapa sawit, untuk menyerap sawit dari petani swadaya.

Baca juga : Jokowi Ajak Rakyat Gotong Royong Tangani Corona

"Kebijakan semacam itu sangat penting menjadi referensi bagi pabrik-pabrik lainnya," tandasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.