Dark/Light Mode

Jokowi Ajak Rakyat Gotong Royong Tangani Corona

Sabtu, 18 April 2020 21:30 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ist)
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengatakan, peran serta seluruh masyarakat dalam mengatasi pandemi corona (Covid-19) sangat dibutuhkan. Soalnya, pemerintah tidak dapat bekerja sendirian dalam menanganinya.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa, peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor  melalui video yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Sabtu (18/4). 

Baca juga : Potong Kuku, Cara Sederhana Hindari Corona

"Semua ini bukan hal yang mudah untuk kita semua tetapi saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera," imbuh Jokowi.

Eks Wali Kota Solo itu mengingatkan, gotong royong yang menjadu budaya bangsa harus terus digaungkan. "Kegotongroyongan harus terus kita gaungkan, kepedulian warga juga terjadi di bidang ekonomi," tuturnya. 

Baca juga : Ini Skenario BRI Selamatkan Debitor UMKM Di Tengah Pandemi Corona

Menurut dia, banyak masyarakat yang membantu tetangganya dengan membeli produk yang dijualnya. Ada pula warga yang saling membantu ketika seorang di antara mereka terkena gejala corona di lingkungannya. Tidak mengucilkannya. Presiden meminta masyarakat mencontohnya. 

"Gerakan-gerakan saling bantu tersebut harus diangkat, dimunculkan ke permukaan, bukan untuk disombongkan, tetapi untuk menjaga harapan dijadikan sebagai inspirasi dan akan bermanfaat jika dapat ditiru ulang oleh yang lain secara masif," imbau dia. 

Baca juga : BTN Sumbang Alat Medis Untuk Tangani Corona

Aksi-aksi solidaritas tersebut, dinilainya sebagai penegas sifat dan kebesaran bangsa Indonesia yakni bangsa gotong royong, bangsa pejuang yang selalu menemukan kekuatan dan solusi lokal di tengah berbagai krisis. "Kita tunjukkan bahwa dalam kondisi di rumah saja, kita tidak menjadi semakin individualis, tetapi justru kita semakin peduli satu sama lain," tegasnya. 

Di akhir video, Jokowi kembali mengajak masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Kalau keluar rumah, gunakan masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Dengan kedisiplinan itu, penyebaran Covid-19 dapat ditekan. "Ini harus dilakukan secara bersama-dan terus menerus tidak boleh terputus," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.